5 Warga Positif Corona, Tasikmalaya Local Lockdown, Warga dari Zona Merah Dilarang Mudik

Kompas.com - 28/03/2020, 16:26 WIB
Kendaraan water canon Polres Tasikmalaya Kota rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah wilayah jalan protokol Kota Tasikmalaya, Jumat (27/3/2020). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAKendaraan water canon Polres Tasikmalaya Kota rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah wilayah jalan protokol Kota Tasikmalaya, Jumat (27/3/2020).
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman memutuskan local lockdown atau karantina wilayah mulai Selasa (31/3/2020). Selain menutup akses masuk, warga dari zona merah juga dilarang mudik.

Keputusan itu diambil setelah 5 warga Tasikmalaya dinyatakan positif corona.

Budi menyampaikan keputusan tersebut seusai rapat darurat corona di Hotel Santika Tasikmalaya, Sabtu (28/3/2020).

Baca juga: 5 Pasien Positif Corona Tasikmalaya Terpapar Klaster Lembang dan Jakarta

"Setelah terdapat 5 orang positif corona di Kota Tasikmalaya, kami bersama tim gugus tugas akan memberlakukan karantina wilayah atau lockdown lokal yang akan dimulai pada hari Selasa tanggal 31 Maret 2020 besok," jelas Budi

Untuk warga yang akan melintasi Tasikmalaya tanpa alasan yang jelas, maka petugas akan memintanya untuk berputar arah dan melarangnya masuk kawasan Kota Tasikmalaya.

Ia juga melarang warga dari zona merah untuk mudik ke Tasikmalaya.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya Putuskan Terapkan Local Lockdown Mulai 31 Maret

"Hanya dengan alasan penting yang bisa masuk ke Kota Tasikmalaya nantinya dan akan dijaga posko di tiap perbatasan wilayah Kota Tasikmalaya. Kita lakukan karena kita sudah masuk kondisi darurat. Termasuk melarang warga yang hendak mudik ke Kota Tasikmalaya dari kawasan zona merah," tambah Budi.

Budi meminta kepada semua pihak bisa memaklumi keputusannya karena pandemi coorna mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca juga: Wakil Wali Kota Tasikmalaya Ancam Lockdown jika Warga Sepelekan Virus Corona

Larang angkutan umum turunkan penumpang

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, bersama tim gugus tugas penanggulangan covid-19 di wilayahnya saat menggelar konferensi Pers terakhir usai mewabahnya pandemi corona di Kota Tasikmalaya, Rabu (25/3/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, bersama tim gugus tugas penanggulangan covid-19 di wilayahnya saat menggelar konferensi Pers terakhir usai mewabahnya pandemi corona di Kota Tasikmalaya, Rabu (25/3/2020).
Selama karantina wilyah, Budi melarang angkutan umum masuk dan menurunkan penumpang di wilayah Kota Tasikmalaya.

Mulai Selasa, 30 Maret 2020, semua angkutan darat, kereta api, transportasi udara dilarang masuk kawasan Tasikmalaya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X