5 Pasien Positif Corona Tasikmalaya Terpapar Klaster Lembang dan Jakarta

Kompas.com - 28/03/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona dan gejala terinfeksi virus corona

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Tim Krisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya menyebutkan lima pasien terkonfirmasi positif virus corona di wilayahnya akibat terpapar klaster Lembang, Bandung dan Jakarta.

Kelima pasien positif merupakan warga yang sebelumnya diketahui dalam waktu dekat telah bepergian ke wilayah tersebut.

"Satu pasien positif terpapar klaster Jakarta dan 4 pasien positif terpapar klaster Lembang, Bandung. Kita sekarang terus tracing kepada orang-orang yang telah kontak sebelumnya dengan mereka," jelas juru bicara Tim Krisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, Sabtu (28/3/2020).

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Kapolda Bantu Telusuri 4 Klaster Penyebaran Covid-19 di Jabar

Uus menambahkan, pihaknya saat ini masih belum mendapatkan hasil data tracing karena untuk empat orang positif dari jumlah keseluruhan baru diketahui hari ini.

Namun, setelah data hasil tracing terkumpul akan dilakukan rapid test atau tes cepat bagi mereka yang pernah terlibat kontak dengan para pasien positif.

"Kita lakukan rapid test pasti nantinya setelah data didapatkan hasil tracing," tambah Uus.

Meski demikian, lanjut Uus, jika nantinya hasil rapid test menunjukkan negatif bagi warga sesuai hasil data tracing, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan beberapa hari ke depan dengan tes ulang.

Baca juga: Hasil Rapid Test 30 Pejabat dan Staf DPRD Sulut Negatif Corona

Pasalnya, hasil rapid test selama ini berbeda dengan hasil uji laboratorium Swab.

"Hasil swab dan rapid test tentu berbeda. Kalau hasil swab negatif bisa dipastikan tak akan terkonfirmasi positif. Tapi kalau rapid test menunjukkan negatif, itu belum tentu bisa dipastikan negatif. Karena uji sampelnya berbeda. Tapi, kalau hasil rapid test positif, itu bisa langsung menunjukkan positif," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X