Pemkab Magetan Talangi Gaji Ribuan Karyawan Pabrik Pakaian Dalam yang Demo Upah Dipotong Sepihak Akibat Corona

Kompas.com - 25/03/2020, 12:11 WIB
Ribuan karyawan pabrik pakaian dalam PT Bintang Karya Inti di Desa Karangsono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar demo setelah mengetahui pabrik hanya memberikan separuh gaji yang seharunnya mereka terima. KOMPAS.COM/NANANGRibuan karyawan pabrik pakaian dalam PT Bintang Karya Inti di Desa Karangsono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar demo setelah mengetahui pabrik hanya memberikan separuh gaji yang seharunnya mereka terima.

MAGETAN, KOMPAS.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan di Jawa Timur akan menjamin hak karyawan perusahaan pakaian dalam milik PT Bintang Karya Inti di Desa Karangsono, Kecamatan Karang Rejo, Kabupaten Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan peruahan terkait permasalahan perusahaan yang membayar 50 persen gaji karyawan yang membuat ribuan karyawan menggelar demo Selasa malam.

"Setelah (karyawan) negosiasi dengan  perusahaan gagal, saya dengan forkompimda datang jam 22 mencoba menengahi," ujarnya melalui pesan singkat ke Kompas.com, Rabu (25/03/2020).

Baca juga: Pabrik Pakaian Dalam di Magetan Potong Gaji 50 Persen dengan Alasan Corona, Ribuan Karyawan Demo

Suprawoto menambahkan, dalam negosiasi tersebut, pemerintah daerah akan menjamin kekurangan gaji yang menjadi hak para buruh pabrik.

Perusahaan nantinya akan berhubungan langsung dengan pemerintah daerah terkait permasalahan gaji karyawan yang hanya diberikan separuh.

“Kami ambil solusi hak buruh kekurangan gaji, pemda yang menjamin dan perusahaan nanti hubungan dengan pemda,” imbuhnya.

Baca juga: Korban PHK Dampak Corona Dapat Rp 1 Juta Per Bulan Per Orang untuk 3 Bulan

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X