Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut 27 Anggota DPRD Siantar ODP Corona, Kabid Dinas Kesehatan Menangis Saat Rapat

Kompas.com - 19/03/2020, 18:58 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pematang Siantar dr Erika Silitonga menangis saat rapat pencegahan virus corona (Covid-19) dengan Komisi I DPRD Pematangsiantar, Kamis (19/3/2020).

Ia tak pernah menyangka komentarnya yang menyatakan anggota DPRD Pematang Siantar perlu dipantau sepulang dari Bali menuai masalah.

"Kita juga pantau semua masyarakat yang baru dari luar kota. Ada wartawan nanya apakah DPRD Pematangsiantar masuk pantauan, saya bilang iya, mereka termasuk," ujarnya dengan tangis usai ditanya anggota Komisi I DPRD Pematang Siantar dilansir dari Tribun Medan.

Baca juga: Mahasiswa Positif Corona di Malang, 8 Warga Jadi ODP dan Dites

Saat rapat tersebut, Ketua Komisi I Andika Prayogi menyampaikan keberatan dengan pernyataan Erika Silitonga terkait 27 anggota DPRD yang pulang dari Bali.

Akibat pernyataan tersebut, Andika mengaku jika para anggota DPRD sempat dijauhi masyarakat.

"Akibat dari perkataan beliau (Erika) kami sampai jadi pembicaraan dan juga dijauhi oleh masyarakat padahal kami adalah wakil rakyat," kata dia.

Andika menyesalkan kenapa hanya 27 anggota DPRD saja disebutkan.

Baca juga: Update Virus Corona, Wali Kota Salatiga: 6 PDP dan 62 ODP Virus Corona

Padahal menurut Andika ada beberapa masyarakat dan juga ASN yang baru datang dari daerah terjangkit.

Sementara itu Boy Iskandar Warongan salah satu anggota DPRD Siangantar memberikan masukan agar dinas kesehatan tidak mengeluarkan pernyataan yang membuat masyarakat khawatir dan panik.

"Pandangan masyarakat jadi terganggu dengan pemberitaan yang dilakukan oleh dinas kesehatan kepada kami. Harusnya berkordinasi dulu lah dengan kami. Kami juga punya jaringan di luar sehingga timbul solusi nya. Harapannya melalui RDP ini kita evaluasi kinerja kepemimpinan Dinkes Pematangsiantar," ujarnya

Baca juga: Rumah Sakit Swasta di Kendal Diminta Terima Pasien ODP Virus Corona

Menanggapi masalah tersebut, Kadis Kesehatan dr Ronald mengatakan, semua masyarakat yang baru datang dari luar daerah akan dilakukan pengawasan maupun pemeriksaan.

Ia menjelaskan saat ini ada 69 orang berisiko rendah yang ada di Pematang Siantar.

"Kita tetap lakukan pengawasan dan pemeriksaan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Sebut 27 Anggota DPRD Siantar ODP Corona, Seorang Dokter Dicecar DPRD hingga Menangis di Rapat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com