Ridwan Kamil Minta Pemerintah Pusat Beri Informasi soal Pasien Positif Corona

Kompas.com - 13/03/2020, 16:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada media usai rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama DPRD Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (13/3/2020). KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada media usai rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama DPRD Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (13/3/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap pemerintah pusat bisa memberitahu pemerintah daerah soal pasien positif terjangkit virus corona.

Menurut dia, keterbukaan itu akan sangat membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi potensi penyebaran.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, seusai rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama DPRD Jabar di Gedung Sate, Bandung, Jumat (13/3/2020).

"Jadi pembahasan kita, kita mohonkan jika ada yang positif di lokus Jabar. Jangan sampai kejadian di Bali, maaf ya pemerintahnya tidak tahu, sehingga tidak bisa melakukan penelusuran," ucap Emil.

Baca juga: Umumkan 4 Warga Positif Corona, Gubernur Banten Pastikan Sesuai Data di Pusat

Emil mengatakan, informasi soal pasien positif terjangkit virus corona akan tetap menjadi konsumsi internal pemerintah daerah dan tidak akan disebarluaskan.

Menurut Emil, data itu bisa menjadi rujukan untuk melakukan penelusuran riwayat pasien.

"Yang penting dijaga, informasi itu hanya untuk kepentingan pemerintah. Alamat dan lain-lain tak boleh dipublikasikan sesuai hak asasi manusia. Tapi kami butuh data itu untuk melakukan tindakan terukur," ujar Emil.

Berdasarkan data terbaru dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar, Jumat ini, pukul 11.30 WIB, tercatat ada 448 orang dalam pemantauan (ODP).

Kemudian, 28 pasien dalam pengawasan (PDP) dan tiga orang pasien positif.

Dua di antara yang positif merupakan pasien klaster Jakarta.

Baca juga: Ridwan Kamil Sarankan Laga Persib Vs PSS Sleman Digelar Tanpa Penonton

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X