Antisipasi Klitih, Satpol PP DIY Gencarkan Pemberantasan Miras

Kompas.com - 12/03/2020, 22:47 WIB
Satpol PP DIY musnahkan lebih dari 3.200 botol miras dan oplosan yang digaruk dari berbagai wilayah di DI Yogyakarta. Pemusnahan berlangsung di depan kediaman Bupati Kulon Progo usai upacara hari Satpol PP. KOMPAS.COM/DANI JULIUSSatpol PP DIY musnahkan lebih dari 3.200 botol miras dan oplosan yang digaruk dari berbagai wilayah di DI Yogyakarta. Pemusnahan berlangsung di depan kediaman Bupati Kulon Progo usai upacara hari Satpol PP.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Daerah Istimewa Yogyakart, Noviar Rahmad menjelaskan, pihaknya menggencarkan operasi pemberantasan minuman keras di seluruh wilayah Yogyakarta.

Noviar mengatakan, minimal operasi ini berlangsung 2 kali dalam satu minggu. 

Alhasil, Satpol PP menyita lebih dari 3.200 botol minuman keras bermerek dan oplosan.

Baca juga: Polisi Terjunkan Tim Khusus The Cops Antisipasi Ancaman Klitih

 

Satpol PP memusnahkannya usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP dan Linmas DIY yang berlangsung di Alun-alun Kulon Progo. 

"Paling banyak ditemukan di Sleman. Beberapa kasus di Kulon Progo sudah disidang. Hasil dari operasi, dibawa ke pengadilan untuk didenda pelakunya, barang bukti disita dan dimusnahkan," kata Noviar di Wates, Kamis (12/3/2020). 

Pemberantasan minuman keras menjadi salah satu upaya pemerintah  menerapkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Berakohol serta Pelarangan Minuman Oplosan.  

Noviar mengungkap, pihaknya juga berupaya menekan kriminalitas jalanan yang kerap disebut klitih

Miras dianggap salah satu  pemicu dari aksi kejahatan ini. Pelaku klitih dalam melancarkan aksinya tidak lepas dari minuman keras.

“Momen (HUT Satpol PP) sangat tepat, apalagi karena maraknya kejahatan jalanan yang sebagai pemicunya bisanya berawal dari minuman beralkohol,” kata Noviar.

Baca juga: Dishub Sleman Tambah Lampu Jalan di Lokasi Rawan Klitih

Noviar mengatakan cukup banyak yang disita dan kini dimusnahkan. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X