Polisi Terjunkan Tim Khusus "The Cops" Antisipasi Ancaman "Klitih"

Kompas.com - 16/02/2020, 15:58 WIB
The Cops Polres Kulon Progo, DI Yogyakarta, selagi patroli di jalanan. Mereka mendatangi remaja dan pemuda yang tengah nongkrong di pinggir jalan. DOKUMENTASI WARGAThe Cops Polres Kulon Progo, DI Yogyakarta, selagi patroli di jalanan. Mereka mendatangi remaja dan pemuda yang tengah nongkrong di pinggir jalan.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kulon Progo mengerahkan tim khusus untuk antisipasi menjalarnya klitih dan tumbuhnya kejahatan kriminal jalanan sejenis  di  Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

The Cops nama timsus yang terbentuk di dalam Satuan Sabhara, diambil dari nama Corps Public Services. Prinsip kerja tim ini serupa unit reaksi cepat di berbagai kepolisian. 

PLH Wakapolres Kulon Progo, Komisaris Polisi Sudarmawan mengatakan, The Cops terbentuk pada 8 Januari 2020 lalu.

Baca juga: Dishub Sleman Tambah Lampu Jalan di Lokasi Rawan Klitih

 

"Tugas utama umumnya polisi adalah preventif, tapi seiring tren kejahatan jalanan sekarang yang disebut-sebut sebagai klitih. Maka kita akan melakukan patroli dengan sasaran tempat rawan," kata Sudarmawan, Minggu (16/2/2020). 

Penampilan The Cops lebih menyolok dibanding polisi yang sering ditemui. Mereka berkendara motor trail, menggunakan helm taktikal hingga berjaket.

"Penampilan yang semakin membuat petugas lebih percaya diri dan performanya jadi tinggi," kata Sudarmawan. 

Baca juga: Selain Pidana, Sanksi Pelaku Klitih di Yogyakarta Akan Menjaga Penghuni Panti Jompo

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X