Diduga Dukung Calon Petahana, Camat dan Kades Dilaporkan ke Bawaslu Jember

Kompas.com - 28/02/2020, 19:08 WIB
Jaringan Pemilih Rasional (Japer) Jember saat memutar video dugaan pelanggaran ASN di kantor Bawaslu Jember KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADIJaringan Pemilih Rasional (Japer) Jember saat memutar video dugaan pelanggaran ASN di kantor Bawaslu Jember

JEMBER, KOMPAS.com – Jaringan Pemilih Rasional (Japer) melaporkan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di Kecamatan Pakusari dan perangkat Desa Suboh, Pakusari, ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember, Jumat (28/2/2020).

Para ASN itu diduga melanggar netralitas ASN dalam menghadapi Pilkada Jember 2020.

"Saya melaporkan dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan perangkat desa dan camat," kata Ketua Harian Japer Saifullah usai melaporkan dugaan pelanggaran di Kantor Bawaslu Jember, Jumat.

Baca juga: 3 Petugas PPK Jember Dilaporkan Jadi Tim Sukses Bacalon Bupati 2020

Saifullah mengatakan dugaan pelanggaran itu terekam dalam video berdurasi selama 21 detik.

Dalam video itu, Camat Pakusari Fauzi, Sekretaris Camat Pakusari Rusdiyanto, Kepala Desa Suboh Yani Romyatun, serta perangkat Desa Suboh mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jember Faida.

Ucapan terima kasih itu terkait perbaikan jalan di Desa Sumberpinang, Desa Suboh, hingga Desa Sumberjeruk di Kecamatan Pakusari.

Pada akhir video, Yani Romyatun terdengar mengucapkan lanjutkan dua periode dan siap menjadi pendukung. Ucapan itu diikuti camat dan sekretaris camat Pakusari dan aparat desa.

Saifullah menyayangkan tingkah ASN dan perangkat desa itu. Karena, mereka memiliki kewenangan yang cukp besar.

“Karena ini saya nilai perbuatan melawan hukum, kami laporkan pada Bawaslu Jember untuk ditindaklanjuti,” tambah Saiful.

Berdasarkan informasi, video itu direkam pada 5 Januari 2020. Tapi, Saifullah belum mengetahui pasti informasti tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X