Jembatan Senilai Rp 1,2 Miliar yang Dibangun 2019 Ambrol, Ini Penjelasan DPU-PR Boyolali

Kompas.com - 25/02/2020, 10:02 WIB
Tangkap layar dari sebuah unggahan di media sosial Instagram mengenai ambruknya jembatan Pusung Boyolali. Instagram/@_infocegatansoloTangkap layar dari sebuah unggahan di media sosial Instagram mengenai ambruknya jembatan Pusung Boyolali.

KOMPAS.com - Jembatan yang dibangun tahun 2019 dengan nilai proyek sekitar Rp 1,2 miliar di Boyolali, Jawa Tengah, ambrol pada hari Senin (24/2/2020).

Menurut keterangan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Boyolali Arief Gunarto, jembatan tersebut ambruk sekitar pukul 06.15 WIB.

Sebelumnya, Arief mendapat laporan ada retakan di tiang bagian atas jembatan. Dirinya pun segera meminta pihak rekanan untuk segera memperbaiki retakan tersebut.

"Sudah kita peringatkan untuk diperbaiki. Terus kemudian hujan selama tiga hari, Rabu, Kamis sampai Jumat malam membuat jembatan ambruk," katanya dia.

Baca juga: Baru Dibangun 2019, Jembatan Senilai Rp 1,2 Miliar Ambruk

Arief menambahkan, jembatan sepanjang 16 meter dengan lebar 5 meter itu merupakan jembatan penghubung antara Dusun Pusung dan Sidodadi di Desa Banaran, Boyolali.

Dana pembangunan jembatan itu diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD) sekitar Rp 1,2 miliar. Menurut Arief, ambruknya jembatan bukan karena struktur bangunannya.

"Pada hari Selasa (18/2/2020) ada retakan pada jembatan. Jadi bukan strukturnya. Sehingga air masuk dari situ (retakan)," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Suraji, Ayah Korban Tragedi Susur Sungai Sempor: Dek, Maafin Bapak, Ya

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X