Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ngurah Rai Hentikan Seluruh Penerbangan dari dan ke China

Kompas.com - 05/02/2020, 08:33 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MANGUPURA, KOMPAS.com – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali resmi menghentikan sementara operasional penerbangan dengan rute dari dan menuju China.

Kebijakan itu berlaku mulai Rabu (5/2/2020), pukul 01.00 WITA.

Hal ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden, Menteri Luar Negeri, serta Menteri Perhubungan RI terkait penghentian sementara operasional penerbangan dari dan ke China daratan akibat virus corona.

Baca juga: Terkait Virus Corona, Konjen China Harap Tak Ada Diskriminasi Warganya di Bali

General Manager PT Angkasa Pura I Persero Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry A Y Sikado mengatakan, penghentian penerbangan dilakukan untuk batas waktu yang belum ditentukan.

"Per hari Rabu dini hari, pukul 01.00 WITA, kami secara resmi menghentikan sementara operasional penerbangan rute dari dan menuju China daratan, hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” ujar Hery.

Penghentian sementara ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Baca juga: Seekor Kijang Berenang dari Pulau Bali ke Jawa

Status Indonesia dan Bali khususnya saat ini memang aman dari penyebaran virus tersebut.

Namun, langkah penghentian sementara diambil untuk menjaga agar Indonesia tetap terbebas dari ancaman wabah virus corona.

Penerbangan China Southern rute Guangzhou (CAN) – Bali (DPS) dengan nomor penerbangan CZ625 menjadi penerbangan terakhir dari wilayah China daratan yang tiba di Bali.

Penerbangan ini tiba di Bali pada Selasa, pukul 22.55 WITA.

Sebelumnya, maskapai China Eastern dari Shanghai Pudong (PVG) dengan nomor penerbangan MU5029 telah mendarat terlebih dahulu di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 22.03 WITA.

Penerbangan ferry flight atai tanpa penumpang tersebut ditujukan untuk membawa penumpang kembali menuju kota Shanghai di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com