Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNA China di Surabaya Diduga Terjangkit Virus Corona, Humas RSUD Dr Soetomo: Batuk Pilek Biasa

Kompas.com - 27/01/2020, 11:30 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, angkat bicara terkait beredarnya kabar yang menyebut ada pasien yang diduga terjangkit virus corona.

Humas RSUD Dr Soetomo Pesta Parulian mengatakan, memang ada seorang WNA asal China yang saat ini dirawat di rumah sakitnya. Hanya saja, pasien tersebut dipastikan tidak terjangkit virus corona.

"Batuk pilek biasa, bronkitis," kata Pesta dihubungi wartawan, Minggu (26/1/2020).

Kesimpulan yang diambil pihak rumah sakit itu, karena pasien bersangkutan sudah datang dari Tiongkok sejak tanggal 5 Januari 2020, dan baru merasakan sakit batuk sekitar seminggu yang lalu.

Baca juga: Tidak Benar, Isu yang Menyebut WN China di Surabaya Terjangkit Virus Corona

Selain itu, pasien tersebut juga telah dilakukan foto rontgen oleh tim medis RSUD Dr Soetomo. Hasilnya, tidak ditemukan adanya indikasi terjangkit virus corona.

Meski demikian, sebagai RS rujukan pihaknya mengaku akan melakukan perawatan secara intensif kepada pasien yang bersangkutan hingga sembuh. Termasuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona.

"Kita sebagai rumah sakit rujukan tetap mengantisipasi dengan memberikan terapi yang baik untuk dia," kata Pesta.

"Tapi apakah dia akan dirawat di ruang isolasi atau low care biasa atau high care itu nanti tim yang akan menentukan," tutur Pesta.

Baca juga: Kru Lion Air yang Tiba dari Wuhan Diperiksa Otoritas Bandara, Antisipasi Virus Corona

Mencuatnya kabar pasien WNA yang diduga terjangkit virus corona di Surabaya itu, salah satunya berasal dari cuitan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melalui akun Twitter resminya, @cakimiNOW.

"Ada kabar WA di rsds (RS dr Soetomo) Surabaya, seorang WNA terkena, tolong dicek apa benar?" isi cuitan Cak Imin, Minggu (26/1/2020).

Seperti diketahui, virus corona yang berasal dari Wuhan, China, tersebut sekarang sedang menjadi perhatian masyarakat internasional.

Dilansir dari situs WHO, gejala pasien yang terjangkit virus corona antara lain, demam, sulit bernafas, dan radiografi dada yang menunjukan infiltrat paru bilateral.

Penulis : Kontributor Surabaya, Ghinan Salman | Editor : Dony Aprian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com