4 Kecamatan di Kabupaten Bandung Diterjang Banjir hingga 1,4 Meter

Kompas.com - 24/01/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi banjir dan ombak TOTO SIHONOIlustrasi banjir dan ombak

BANDUNG, KOMPAS.com - Banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung menyusul tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari kemarin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mencatat, ada empat kecamatan yang diterjang banjir, yakni Kecamatan Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah dan Kecamatan Rancaekek.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, ketinggian air di empat kecamatan tersebut bervariasi dari 10 sentimeter hingga 1,4 meter.

Baca juga: Yuliana Bertaruh Nyawa Terobos Banjir Tinggi demi Tetap Mengajar

Hingga Jumat (24/1/2020), BPBD mencatat, 196 jiwa terpaksa mengungsi akibat banjir tersebut.

Para pengungsi tersebar di aula desa Gedung Institut Karate-Do Nasional atau (Inkanas) Baleendah.

"Di Aula Desa Dayeuhkolot ada 71 jiwa yang mengungsi kemudian di Gedung Inkanas ada 27 jiwa yang mengungsi dan di tempat lain ada 98 jiwa," kata Budi melalui sambungan telepon, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Kepala BNBP Sebut Kecilnya Drainase Penyebab Sawah Terendam Banjir di Samarinda

Lebih lanjut Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung terkait banjir di wilayah itu.

"Kami juga melakukan assessment. Tim BPBD telah bersiaga di Posko Baleendah sebanyak 10 personel yang dipimpin oleh kasi Logistik. Kemudian Petugas Pusdalops bersiaga sebanyak lima orang. Lalu di shelter pengusian Dayeuhkolot ada petugas yang bersiaga sebanyak tiga orang," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X