Jadi Tersangka Penggelapan Uang Nasabah, Kepala Unit Bank Jatim Ditahan

Kompas.com - 20/01/2020, 17:29 WIB
Dugaan penggelapan uang nasabah di Bank Jatim Unit Keppo, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan mencapai Rp 2,7 miliar. Kasus ini sudah ditangani oleh Polres Pamekasan. KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMANDugaan penggelapan uang nasabah di Bank Jatim Unit Keppo, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan mencapai Rp 2,7 miliar. Kasus ini sudah ditangani oleh Polres Pamekasan.
Editor Setyo Puji

KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pamekasan, Jawa Timur, berhasil mengungkap kasus penggelapan dana nasabah yang terjadi di Bank Jatim Unit Keppo, Kecamatan Galis.

Pengungkapan kasus itu, setelah polisi mendapat laporan dari Kepala Bank Jatim Pamekasan, Arif Firdaus terkait adanya dugaan penggelapan dana nasabah.

Setelah melakukan pengembangan penyelidikan, polisi akhirnya menetapkan A yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bank Jatim Unit Keppo, sebagai tersangka.

Dari pemeriksaan yang dilakukan polisi, tersangka mengakui perbuatannya yang telah melakukan penggelapan dana nasabah hingga Rp 2,7 miliar.

Baca juga: Uang Desa yang Disimpan di Bank Jatim Raib, Aparat Desa: Ada Penarikan dengan Tanda Tangan Palsu

Kepala Satreskrim Polres Pamekasan, Iptu Andre Setya Putra mengatakan, penggelapan dana nasabah yang dilakukan A sudah dilakukan sejak 2018.

Hasil pemeriksaan sementara, tersangka sengaja melakukan penggelapan dana nasabah itu untuk keperluan pribadi.

"Uang Rp 2,7 miliar itu tidak diambil sekaligus, tapi bertahap mulai tahun 2018. Uang seharusnya masuk ke rekening nasabah, tapi digunakan secara pribadi oleh tersangka," imbuh Andre.

Selain menetapkan tersangka, polisi juga melakukan penahanan terhadap A di Lembaga Pemasyarakatan Pamekasan.

Hal itu terpaksa dilakukan, karena tersangka dianggap kurang kooperatif saat dilakukan proses pemeriksaan oleh polisi.

Akibat perbuatannya itu, tersangka akan disangkakan dengan Pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan dengan ancaman 5 tahun penjara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X