Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heroik, Ini Video Aksi Tiga Nelayan Selamatkan Paus yang Terdampar di Palopo

Kompas.com - 08/01/2020, 07:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Video tiga nelayan menyelamatkan paus yang terdampar di Pantai Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan menjadi viral, Senin (6/1/2020). 

Seperti dilansir dari Tribunnews, tiga nelayan di dalam video tersebut tampak kesusahan menggiring lumba-lumba ke laut karena ombak berkali-kali menghantam mereka.

Namun demikian, ketiga nelayan tetap tak putus asa. Tanpa peralatan apapun, para nelayan tetap berusaha menyelamatkan paus yang ukurannya tampak lebih besar dari orang dewasa. 

Sementara itu, seorang pria yang merekam aksi para nelayan itu menjelaskan, lokasi tersebut berada di Pelabuhan Songka Pantai Satu. 

"Penyelamatan lumba-lumba terdampar di Pelabuhan Songka Pantai Satu, ini para nelayan mencoba menyelamatkan" kata pria tersebut. 

Baca juga: Diduga Cabuli 12 Siswi SD, Guru di Sleman Jadi Tersangka

Terkait penyelamatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kota Palopo, Nur Lely Kaso Noor, mengatakan, paus yang terdampar berjenis fin whale atau paus kepala kotak (Physeter catodon).

Hewan yang habitatnya di perairan dalam, diduga terdampar di Teluk Bone karena cuaca buruk.

“Jadi kemungkinan besar karena ada kondisi luka, sehingga ikannya mencari tempat dan terdorong oleh arus masuk ke pesisir, apalagi cuaca dalam beberapa hari ini sangat ekstrem yakni angin kencang dan ombak besar,” jelas Nur Lely.

Pasca-kejadian tersebut Nur Lely mengimbau masyarakat jika menemukan ikan atau hewan yang dilindungi agar dikembalikan ke habitatnya.

Baca juga: Situs KPU Bantul Diretas, Isinya Jadi Curhatan

Sementara itu, dari pengamatan Kompas.com, video tersebut diunggah oleh akun Palopo Tribun di Youtube pada hari Senin (6/1/2020).

Kompas.com  juga berhasil menemui salah satu nelayan yang ada dalam video tersebut, Ikbal. Dirinya menceritakan, proses penyelamatan yang paus yang terdampar, tidak hanya sekali, namun hingga tiga kali. 

“Pertama ditemukan jam 08.00 WITA pagi, baru kami tarik ke laut, tapi sekitar pukul 15.00 WITA sore kami dapat lagi di muara Songka. Terakhir ketiga kalinya sudah kami bawa ke muara Salu Karo dan tidak muncul lagi,” kata Ikbal saat dikonfirmasi di Pantai Songka, Selasa (07/01/2020).

Selain itu, Ikbal dan para nelayan lainnya harus hati-hati karena paus terdampar mengalami luka. 

(Penulis: Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

Berikut ini video aksi para nelayan tersebut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com