Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Rumah Ditimpa Longsor, Korban Mengungsi ke Rumah Keluarga

Kompas.com - 04/01/2020, 00:14 WIB
Amran Amir,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TORAJA, KOMPAS.com - Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi selama beberapa hari terakhir mengakibatkan tebing di Lembang Buttu Limbong, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja, setinggi 50 meter longsor dan menimpa 3 rumah warga.

Kepala BPBD Tana Toraja Alfian Andi Lolo mengatakan ketiga rumah warga yang tertimpa material longsor bercampur lumpur merusak dinding rumah, bagian dapur serta perabot rumah tangga. 

Longsor yang menimpa rumah warga tersebut terjadi sejak Rabu (01/01/2020) malam, dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 3 atau sebanyak 11 jiwa, beruntung tidak ada korban jiwa, kami BPBD untuk sementara berupaya memindahkan material longsor berupa lumpur, batu dan kayu,” kata Alfian, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: Longsor di Gunung Pancar Bogor, Warga Butuh Bantuan Alat Berat

Salah satu korban longsor, Joni mengatakan, saat longsor menimpa rumahnya, ia bersama keluarga sedang tidak berada di rumah.

“Waktu kejadian rumah sedang kosong, saya dan ibu serta 2 anak semuanya di rumah keluarga mengadakan acara, begitu terjadi saya ditelpon tetangga,” ucap Joni.

Sementara korban lainnya, Natalias Massa mengatakan, saat terjadi longsor mereka sedang tertidur pulas.

Baca juga: Longsor, Jalur Utama ke Kawasan Wisata Dieng Harus Dilalui Bergantian

Dia sontak terbangun saat mendengar rumahnya disapu material longsor.

“Waktu itu saya tertidur bersama keluarga, begitu terdengar suara gemuruh dan dentuman kami bergegas bangun dan lari lewat belakang menyelamatkan diri, saya lihat di depan rumah ada batu besar dan pohon tumbang menyapu rumah kami, seketika itu juga kami mengungsi ke rumah mertua,” ujar Natalias.

Pantauan Kompas.com dari ketiga rumah yang rusak akibat longsor, 2 unit rumah rusak parah yakni rumah milik Joni dan Natalias Massa.

Sedangkan rumah milik Perawati rusak ringan, mereka memilih mengungsi di rumah keluarga, kondisi di lokasi hujan deras masih mengguyur.

Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Longsor di Tiga Titik Wilayah Jembatan Serong

Untuk membantu warga korban longsor, TNI dan warga setempat membantu memindahkan material secara manual dengan menggunakan alat seadanya.

“Material longsor masih terlihat jatuh dari tebing dan masih berpotensi terjadi longsor besar yang dapat menimbun akses jalan poros Toraja-Mamasa, untuk itu semntara kami hanya memindahkan material dan memungut puing sisa longsor yang masih bisa digunakan,” tutur Tadius Nandar, Babinsa Buntu Limbong.

Korban longsor berharap pemerintah Tana toraja segera membantu menyalurkan bantuan bahan makanan dan alat berat untuk memindahkan material.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com