Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambang Pasir di Kebumen Temukan Tengkorak Manusia di Dasar Sungai

Kompas.com - 30/12/2019, 10:05 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Warga digegerkan dengan temuan tengkorak manusia di dasar Sungai Kemit/Kalong Desa Kedungjati, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (29/12/2019) sore.

Kapolsek Sempor Iptu Sugito menjelaskan, tengkorak tersebut kali pertama diketahui penambang pasir, Juhendi (29) dan Samino (33), saat sedang menggali pasir di dasar sungai sekitar pukul 16.45 WIB.

"Saat itu keduanya sedang menggali pasir di dasar sungai dan menemukan tengkorak manusia yang usianya diperkirakan sudah tua itu," kata Sugito saat dihubungi, Senin (30/12/2019).

Baca juga: TKI Dibunuh di Kebun Sawit Malaysia, Ada Luka Retak di Tengkorak Belakang

Tak berselang lama, anggota polsek dan tim inafis dari Polres Kebumen datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP.

"Dari penemuan tengkorak itu, warga sekitar tidak ada yang melaporkan kehilangan anggota keluarganya. Kuat dugaan, itu adalah tengkorak yang berasal dari makam di wilayah Desa Penimbun, Karanggayam, yang longsor ke sungai sekitar lima tahun lalu," jelas Sugito.

Baca juga: Longsor di Areal Kuburan Desa, Tengkorak dan Tulang Belulang Ikut Hanyut, Satu Makam Amblas

Hal ini dikuatkan dengan surat pernyataan dari kepala desa Kedungjati dan ditandatangani oleh perangkat desa serta tokoh masyarakat desa setempat.

"Saat ini tengkorak diserahkan ke RSUD Kebumen. Dari hasil pemeriksaan tim medis, kuat dugaan tengkorak itu sudah meninggal dunia puluhan tahun yang lalu," ujar Sugito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com