Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kampar Meluas, Rendam Rumah Warga di Tiga Kecamatan

Kompas.com - 13/12/2019, 07:22 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Banjir di wilayah Kabupaten Kampar, Riau, bertambah meluas. Kini, banjir sudah merendam permukiman warga di tiga kecamatan.

Hal itu disampaikan Kasi Logistik BPBD Kampar Nasri Roza saat berbincang dengan Kompas.com saat dihubungi, Kamis (12/12/2019) malam.

Dia mengatakan, saat ini penanganan banjir masih dilakukan di dua desa di Kecamatan Gunung Sahilan, yakni Desa Sahilan Darussalam dan Desa Gunung Sahilan.

"Banjir di Kecamatan Gunung Sahilan perlahan surut. Tapi hari ini kami dapat informasi bahwa di Desa Mentulik, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, juga sudah banjir. Karena banjir di Kecamatan Gunung Sahilan mengarahnya ke sana. Masih aliran Sungai Kampar Kiri," sebut Nasri.

Baca juga: Korban Banjir di Kampar Mulai Terserang Penyakit

Di Desa Mentulik, sambung dia, rumah warga yang terdampak banjir mencapai ratusan unit.

Selain itu, lanjut Nasri, saat ini banjir juga sudah menggenangi permukiman warga di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu.

"Di Desa Buluh Cina juga sudah banjir. Tapi itu luapan dari air Sungai Kampar Kanan. Karena sekarang ini dua aliran sungai yang sedang meluap," sebut Nasri.

Berdasarkan data yang dia dapat, banjir di Desa Buluh Cina sudah merata. Sebab, rumah warga berada di dataran rendah dan dekat dengan aliran Sungai Kampar Kanan.

"Yang terdampak banjir di Desa Buluh Cina sekitar 400 rumah. Tapi biasanya banjir di sini bertahan bisa sampai satu bulan kalau curah hujan masih tinggi dari hulu sungai," kata Nasri.

Untuk itu, tambah dia, besok pagi tim BPBD Kampar akan dikerahkan untuk penanganan banjir di Kecamatan Kampar Kiri Tengah dan Kecamatan Siak Hulu.

Baca juga: Korban Banjir di Kampar Terima Bantuan Sembako

"Besok pagi tim kita kirimkan kesana. Kami akan membawa perahu apabila ada warga yang dievakuasi. Kemudian kita dirikan posko pengungsian dan dapur umum. Sedangkan penanganan banjir di Kecamatan Gunung Sahilan masih tetap kami lakukan. Nanti personel akan dibagi," tutup Nasri.

Diberitakan sebelumnya, tingginya curah hujan membuat aliran Sungai Kampar di Kabupaten Kampar, Riau, meluap. 

Hal itu menyebabkan ratusan rumah warga di bantaran sungai di Kecamatan Gunung Sahilan terendam banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com