Sumur Bor di Kalsel Keluarkan Gas, Polisi Berjaga di Lokasi

Kompas.com - 06/12/2019, 22:54 WIB
Seorang warga di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan saat mendekat di sumur bor yang mengeluarkan gas hingga menyala disulut api. FOTO ANTARA/istSeorang warga di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan saat mendekat di sumur bor yang mengeluarkan gas hingga menyala disulut api.

KOMPAS.com - Sumur bor di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, mengeluarkan gas.

"Pembuatan sumur itu dilakukan dengan cara membor sampai kedalaman sekitar 20 meter, kemudian mengeluarkan bau gas dan timbul api melalui lubang sumur bor ketika disulut api," kata Muhammad Faqih, salah satu warga di Marabahan, Kabupaten Barito Utara, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Penanganan Semburan Gas di Rumah Warga Menunggu Kajian ESDM Jatim

Ada dua titik sumur bor yang mengeluarkan gas tersebut, yakni di rumah warga bernama Jailani dan satu lagi di Mushalla Miftahul Jannah di Sungai Sangkai RT 1 Desa Badandan, Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala.

Pembuatan sumur bor merupakan program pemerintah pusat dalam pembangunan sarana lingkungan air bersih melalui Dinas Sosial Kabupaten Barito Kuala yang dilaksanakan di Desa Badandan sebanyak tiga titik.

Saat ini kegiatan pengeboran dua titik sudah selesai dan untuk sumur bor hanya akan mengeluarkan api apabila disulut dengan korek api.

Sementara satu titik di rumah Barmawi sampai selesai pengeboran sedalam 33 meter tidak mengeluarkan aroma bau gas.

Kapolres Barito Kuala AKBP Bagus Suseno memerintahkan anggotanya untuk berjaga di lokasi guna menghindari hal-hal tak diinginkan.

Baca juga: Tawuran di Manggarai, Polisi Tembakkan Gas Air Mata untuk Bubarkan Massa

Untuk menghilangkan bau gas dari sumur, para pekerja membiarkan air keluar dari sumur dengan cara dipompa dengan mesin sampai air yang keluarkan dari sumur jernih.

"Alhamdulilah situasi kondusif dan kami imbau masyarakat tetap waspada dari munculnya gas tersebut dengan menjaga lingkungan sekitar," ujar Bagus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X