Jelang HUT OPM, Ada 3 Kelompok Separatis Berusaha Masuk ke Wamena

Kompas.com - 02/12/2019, 11:39 WIB
Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf. Candra Dianto KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIDandim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf. Candra Dianto

JAYAPURA, KOMPAS.com - Menjelang ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 kemarin, ternyata ada aksi yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata ( KKB).

Kelompok separatis tersebut ternyata berusaha memasuki Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

"Sebelumnya memang ada yang berusaha masuk ke wilayah Wamena dan ada beberapa isu maupun informasi kalau mereka berusaha masuk Kota Wamena dan akan membuat keributan," ujar Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Jelang HUT OPM, 5 Pejabat Tinggi Negara Berada di Papua

Manurut dia, yang mencoba masuk ke Wamena berasal dari beberapa kelompok separatis di beberapa kabupaten sekitar Jayawijaya.

Usaha KKB masuk ke Wamena juga melalui berbagai jalur, sesuai tempat mereka berasal.

"Ada beberapa pintu masuk ke Wamena yang coba KKB lalui, seperti di jalur Habema, Pelebaga, Gunung Susu, Muai, Kuburan Lama dan Kimbim. Ini sudah kita antisipasi," kata Candra.

Menurut informasi, kelompok tersebut merupakan KKB dari Puncak Jaya, Lanny Jaya dan Ndugama.

Informasi mengenai upaya KKB masuk ke Wamena, menurut Candra, berasal dari berbagai sumber, mulai dari intelijen hingga laporan dari masyarakat.

Dari laporan-laporan tersebut, aparat gabungan TNI-Polri mengambil langkah antisipasi dengan memperketat penjagaan di sejumlah titik.

"Kita sudah mengantisipasi dan melakukan gelar pasukan secara besar-besaran, sekitar 1.700 personel TNI-Polri. Kita juga melakukan patroli dengan diikuti kendaraan taktis Anoa dan kendaraan TNI-Polri yang ada di Wamena," tutur Candra.

Baca juga: Sehari Jelang HUT OPM, Teror Penembakan Terjadi di Area Freeport

Patroli dan unjuk kesiapan dilakukan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri siap bertugas menjaga keamanan di Wamena.

"Sekitar H-5 dan H-4 dari 1 Desember, ada beberapa informasi mereka (KKB) akan coba masuk. Namun karena kesiapan TNI-Polri, sampai saat ini mereka tidak berani masuk," kata Candra.

Meski KKB sempat berupaya masuk ke Kota Wamena, tidak terjadi kontak fisik secara langsung antara mereka dengan aparat keamanan pada 1 Desember 2019.

"Satgas TNI yang sudah disiagakan di beberapa titik berhasil menghalau pergerakan KKB, meski tidak pernah ada kontak senjata," kata Candra.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X