4 Fakta HUT OPM di Papua, Aksi Teror di Freeport hingga Mahfud MD: Sangat Kondusif

Kompas.com - 02/12/2019, 06:11 WIB
Aparat TNI - Polri mengamankan lokasi teror penembakan yang terjadi di Mile 60, Area Freeport,  Sabtu (30/11/2019) PENDAM XVII/ CENDERAWASIHAparat TNI - Polri mengamankan lokasi teror penembakan yang terjadi di Mile 60, Area Freeport, Sabtu (30/11/2019)

KOMPAS.com - Tepat satu hari jelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka ( OPM) terjadi aksi teror di kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia.

Aksi teror tersebut terjadi di Area Mile 60 RPU 47, Distrik Tembagapura, Papua, Sabtu (30/11/2019).

Pihak keamanan meyakini aksi teror tersebut dilakukan oleh kelompok pimpunan Hengki Wamang.


Sementara itu, polisi telah mengamankan setidaknya 34 orang pada Sabtu (30/11/2019) malam.

Mereka diduga merupakan simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang merupakan sayap militer dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Sebanyak 5 pejabat tinggi negara datang ke Papua

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz di Wamena, Papua, Kamis (28/11/2019).dok.Puspen TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz di Wamena, Papua, Kamis (28/11/2019).

Setidaknya ada lima pejabat negara yang datang ke Papua menjelang HUT OPM. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ( Menkopolhukam) Mahfud MD.

Kemudian, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo.
Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis juga turut hadir.

Menurut Mahfud MD, keberadaan sejumlah pejabat negara di Papua menujukkan bahwa daerah tersebut dalam kondisi aman.

"Untuk menunjukkan bahwa tidak ada apa-apa di sini. Kalau negara gawat, kan tidak pejabatnya yang datang makan di warung-warung kecil, artinya biasa-biasa saja di sini," ujar Mahfud di Jayapura, Sabtu (30/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X