Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Hujan Deras di Sumbar 2 Hari ke Depan

Kompas.com - 25/11/2019, 14:38 WIB
Perdana Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Minangkabau Sumatera Barat mencatat, hujan deras dengan intensitas tinggi masih terjadi di sejumlah wilayah di Sumbar.

Pada Senin (25/11/2019) ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat pada sore hingga malam hari.

Sebanyak 13 daerah diberi peringatan dini yaitu Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, 50 Kota, Agam, Bukittinggi,Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Padang, Kabupaten Solok, dan Pesisir Selatan.

"Hari ini peringatan dini kita keluarkan pada 13 daerah di Sumbar yang diprediksi mengalami hujan deras dan sedang dengan intensitas tinggi," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau, Sakimin kepada Kompas.com, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Longsor di Agam, Akses Jalan Kelok 44 Putus Total Selama 1 Jam

Sakimin mengatakan, peringatan dini waspada hujan deras dan sedang juga diberlakukan pada Selasa (26/11/2019) dan Rabu (27/11/2019).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat waspada terhadap bahaya banjir dan longsor.

Saat ini tercatat sudah lima kabupaten yang mengalami banjir dan longsor yaitu Agam, Solok Selatan, Kabupaten Solok, Padang Pariaman, dan Pasaman Barat.

"Sudah ada lima daerah yang mengalami bencana banjir dan longsor di Sumbar, kita minta masyarakat waspada," kata Rumainur.

Baca juga: Banjir di Agam Diduga karena Pembalakan Liar, Andre Rosiade: Jika Polda Tak Respons, Lapor ke Mabes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com