Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Agam, Akses Jalan Kelok 44 Putus Total Selama 1 Jam

Kompas.com - 25/11/2019, 08:51 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu (24/11/2019) malam hingga Senin (25/11/2019) menyebabkan longsor di Nagari Maninjau, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Longsor yang terjadi tepatnya di kelok 3, Jalan Raya Kelok 44 itu menyebabkan akses jalan sempat tertutup hampir selama satu jam dari pukul 02.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB.

"Ada pohon besar yang tumbang  dan material longsor sepanjang 15 meter dan ketinggian 1-4 meter menutupi badan jalan," kata Camat Tanjung Raya, Agam, Handria Asmi yang dihubungi Kompas.com, Senin pagi.

Handria mengatakan ketika mendapat informasi adanya longsor di kelok 3, pihaknya bersama BPBD Agam langsung turun ke lokasi.

Baca juga: Detik-detik Rumah Nenek Ernawati Hancur dan Terbawa Longsor di Agam

"Pukul 02.00 WIB itu, kita langsung ke lokasi membersihkan material longsor dan memotong pohon yang tumbang," kata Handria.

Setelah selama satu jam bekerja, akses jalan yang sempat tertutup sudah bisa dibuka kembali kendati dengan sistem buka tutup.

Saat ini, pihaknya masih menunggu alat berat untuk membersihkan material longsor dari jalan agar akses jalan bisa kembali lancar.

"Pagi ini alat berat sudah jalan menuju lokasi. Mudah-mudahan akses jalan kembali lancar," ujar Handria.

Handria mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap bahaya banjir dan longsor karena akhir-akhir ini kondisi cuaca hujan dengan intensitas tinggi.

"Kita imbau masyarakat waspada. Jika berpergian saat hujan lebat lebih baik berhenti di tempat yang aman karena banjir dan longsor bisa mengancam," kata Handria.

Baca juga: Banjir di Agam Diduga karena Pembalakan Liar, Andre Rosiade: Jika Polda Tak Respons, Lapor ke Mabes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com