KILAS DAERAH

Perluas Pasar Dagang di Eropa, Jabar Akan Kerja Sama dengan Bulgaria

Kompas.com - 20/11/2019, 17:25 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia Petar Dimitrov Andonov, di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (20/11/2019).
DOK. Humas Pemprov Jawa BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia Petar Dimitrov Andonov, di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (20/11/2019).

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Emil mengatakan, Jabar perlu memperluas pasar perdagangan di Eropa, terutama Eropa Timur. Salah satu upaya untuk mencapainya adalah mengadakan kerja sama dengan Bulgaria.

“Pesannya adalah mulai meningkatkan hubungan bilateral. Mereka (Bulgaria) ingin tahu Jabar bisa menyediakan apa untuk kerja sama ekonomi,“ kata Emil, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Rencana kerja sama antara Indonesia dengan Bulgarian dibahas saat kunjungan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia Petar Dimitrov Andonov, di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/11/2019).

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak saling menawarkan potensi daerahnya masing-masing. Bulgaria tertarik dengan kopi, teh, dan ikan dari Jabar. Sementara itu, Bulgaria bersedia menyediakan pabrik pengepakan.

Baca juga: PM Singapura kepada Indonesia: Hubungan Bilateral dalam Kondisi Baik

“Nanti ikan, misalkan dari Indramayu dari Jabar, kemudian mereka yang mengirim dan memasarkan di wilayahnya,” kata Emil.

Emil berharap, rencana kerja sama tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan terealisasi. Dengan begitu, Bulgaria dapat menjadi pintu produk-produk Jabar untuk masuk ke negara-negara Eropa bagian Timur.

Selain kerja sama dalam bidang ekonomi, kedua pihak juga membuka peluang usaha pada bidang digital dan pendidikan.

Kerja sama dalam bidang pendidikan direncanakan dalam bentuk pertukaran pelajar. Emil menyarankan diadakan pertukaran orang kreatif. Tujuannya agar kedua pihak bisa bertukar inspirasi dan mengembangkan ekonomi kreatif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X