Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Penjagaan di Pintu Masuk Polda Jatim Diperketat

Kompas.com - 13/11/2019, 13:26 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Penjagaan di pintu masuk Markas Polda Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya diperketat pasca peristiwa bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019) pagi.

Pantauan Kompas.com Rabu siang, sejumlah petugas bersenjata terlihat melakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan yang masuk ke Markas Polda Jatim.

Pengguna motor yang melintas diminta membuka jaket dan helm, sementara kendaraan roda 4 diperiksa semua barang bawaannya.

Baca juga: Pemprov Sumut Prihatin dengan Serangan Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mengera, dikonfirmasi membenarkan jika pintu masuk markas Polda Jatim diperketat pasca-peristiwa bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan.

"Semua penjagaan diperketat, sifatnya antisipasi," kata Barung.

Sebenarnya, lanjut Barung, pengamanan ekstra di pintu masuk markas Polda Jatim sudah diterapkan sejak tahun lalu pasca-peristiwa bom di Surabaya.

Bahkan, kata dia, ojol dilarang masuk ke Markas Polda Jatim.

"Bukan untuk mendiskriminasi, tapi untuk pesanan makanan dan pengiriman barang pakai ojek online diambil di pos penjagaan di depan markas," ujar Barung.

Seperti diberitakan, ledakan bom bunuh diri mengguncang Markas Polrestabes Medan di Jalan HM Said, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) pagi. Pelaku bom bunuh diri disebut mengenakan atribut ojek online.

Baca juga: Fakta Lengkap Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Meledak di Area Parkir hingga Siagakan Anjing Pelacak

Polri menyebut, peristiwa itu bermula saat petugas kepolisian setempat baru saja menggelar apel pagi di halaman Markas Polrestabes Medan sekitar pukul 08.00 WIB.

Beberapa menit setelah usai menggelar apel, tiba-tiba bom meledak di sekitar halaman kantor operasional Markas Polrestabes Medan.

Ledakan berasal dari dekat kantin dan halaman parkir. Sumber ledakan juga terdengar hingga pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Sejumlah masyarakat yang tengah melakukan pelayanan SKCK pun lari berhamburan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com