Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Buka 868 Formasi untuk CPNS 2019, Ini Rinciannya

Kompas.com - 29/10/2019, 14:18 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 bakal dibuka pada 11 November 2019 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, Pemerintah Kota Bandung membuka lowongan CPNS untuk 868 formasi.

Sebanyak 70 persen di antaranya adalah tenaga pendidik, 15 persen tenaga kesehatan dan 15 persen tenaga teknis lainnya.

Baca juga: Seleksi CPNS 2019, Buka 152.286 Formasi

 

Yayan menambahkan, dari 868 formasi yang dibuka, pihaknya akan memberikan perlakuan khusus untuk penyandang disabilitas.

Perlakuan khusus tersebut hanya dalam bentuk pelayanan saat menjalani tes kompetensi. Pihaknya menyediakan 2 persen dari jumlah formasi yang diberikan pemda untuk penyandang disabilitas.

"Disabilitas diwajibkan secara fisik hadir dalam tes dan menyertakan keterangan dari dokter tentang tingkat disabilitasnya," kata Yayan dalam kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (29/10/2019).

Selain itu, penerimaan CPNS tahun ini akan ada kemudahan untuk mahasiswa yang berprestasi serta diaspora yang ingin mengabdi sebagai PNS di Indonesia.

"Ada kemudahan untuk yang cum laude dengan nilai IPK tertentu dalam mendaftar. Kemudahan juga diberikan untuk diaspora atau warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, ingin kembali ke Indonesia. Tapi nantinya tetap lewat testing," tuturnya.

Yayan menambahkan, formasi yang dibuka diharapkan bisa menambal PNS yang pensiun.

Baca juga: Menteri PAN-RB Ingatkan Calon Pelamar Tak Terjerumus Penipuan Seleksi CPNS 2019

Dia menyebutkan, jumlah PNS di Pemkot Bandung sebanyak 15.550 orang per September ini. Sebanyak 50 persen di antaranya berusia di atas sudah 50 tahun.

"Makanya jumlah PNS yang pensiun cukup tinggi, setiap tahun 1.000 orang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com