Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Panas hingga 36 Derajat Celcius Picu Kebakaran di Pengunungan Karawang

Kompas.com - 24/10/2019, 10:01 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Kebakaran di Gunung Sirnalanggeng dan Gunung Cengkik di Pegunungan Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat, sejak Senin (21/10/2019) diklaim akibat suhu panas yang melanda wilayah Karawang selatan itu.

"Api muncul diperkirakan karena suhu yang tinggi mencapai 36 derajat celcius," tutur Ketua Posko Karhutla Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Setiawan, Rabu (23/10/2019).

Selain suhu tinggi, kata Setiawan, kebakaran semakin meluas dipicu angin bertiup kencang dan lahan kering di wilayah Pegunungan Sanggabuana yang didominasi pohon bambu dan ilalang.

Setiawan mengungkapkan, kebakaran di Gunung Sirnalanggeng dan Gunung Cengkik sudah tertangani dan api sudan padam. Penanganan kebakaran dilakukan BPBD, relawan, dan instansi terkait.

"Untuk (Gunung) Sinalanggeng dan (Gunung) Cengkik sudah kondusif karhutla-nya," kata dia.

Baca juga: PT Atlasindo Utama Bakal Kembali Menambang Gunung Sirnalanggeng hingga Tak Bersisa

Kepala Satuan Bara Rimba Nuraidah menyebut ada belasan titik api yang masih berpotensi membesar jika tertiup angin kencang di Gunung Sirnalanggeng.

Hal ini berdasarkan monitoring yang dilakukan Bara Rimba yang turut menjadi relawan penanganan kebakaran.

"Kami coba ikut memonitor titik api yang masih tersisa di Gunung Sinalanggeng, dan fauna yang menjadi korban karhutla," kata Aida.

Untuk menghilangkan resiko api kembali muncul, titik-titik tersebut ditutup menggunakan tanah.

"Pemadaman dilakukan dengan menutup titik api dengan tanah, karena air sangat sulit didapat," katanya.

Baca juga: Diduga Rusak Lingkungan, Tambang PT Atlasindo Utama di Gunung Sirnalanggeng Disegel

Muncul Titik Api Lain

Relawan tengah memadamkan titik api di Gunung Sirnalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang dengan tanah, Rabu (23/10/2019).KOMPAS.com/FARIDA FARHAN Relawan tengah memadamkan titik api di Gunung Sirnalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang dengan tanah, Rabu (23/10/2019).
Ketua Posko Karhutla BPBD Karawang Setiawan mengatakan, titik api kembali muncul di Gunung Sirampog, Dindingari dekat Curug Cikoleangkak, dan Desa Medalsari yang dekat pemukiman.

Hanya saja, titik api tersebut terkonsentrasi dan tidak meluas seperti kebakaran hutan dan lahan di Gunung Sinalanggeng dan Gunung Cengkik.

Baca juga: Hewan Terancam Punah, Pegiat Usulkan Sanggabuana Jadi Suaka Margasatwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com