KILAS DAERAH

Pemdaprov Jabar Dukung Pemberdayaan Ekonomi Melalui UP2K

Kompas.com - 22/10/2019, 11:15 WIB
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Sopandi saat membuka acara Revitalisasi UP2K PKK Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Hotel Papandayan Kota Bandung, Senin (22/10/19) -Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Sopandi saat membuka acara Revitalisasi UP2K PKK Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Hotel Papandayan Kota Bandung, Senin (22/10/19)

KOMPAS.com –Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat ( Jabar) terus mendukung pemberdayaan ekonomi, salah satunya melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“Kami akan mengoneksikan UP2K dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Sopandi menurut keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (22/10/2019).

Pihaknya juga akan mengupayakan produk UP2K dapat dijajakan di sejumlah tempat, termasuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Peran kami di BIJB untuk UP2K ini, kami akan coba sewakan di tiga bulan pertama. Jadi lebih kepada pendampingan awal. Selain itu, kami juga akan mengkoneksikan UP2K dengan Bumdes,” ujar Dedi.

Baca juga: WJIS 2019, Investor Sepakat Kucurkan Rp 53,8 Triliun untuk Jawa Barat

Ia melanjutkan, terdapat sekitar 51.300 UP2K di Jabar. Setiap desa rata-rata memiliki sepuluh.

Dukungan lain Pemdaprov Jabar terhadap UP2K adalah mengupayakan mereka agar mampu bergerak menuju e-commerce dengan benar-benar memahami perizinan hingga pengemasan produk.

Menurut dia, sejauh ini produk UP2K cukup potensial, tetapi terkendala izin.

“Jadi hari ini ada semacam temu bisnis antara pelaku dengan dinas-dinas, pihak permodalan hingga minimarket untuk mengetahui persyaratan bagaimana produk UP2K bisa masuk ke minimarket,” imbuh Dedi.

Langkah awal menuju pemberdayaan ekonomi

Sementara itu,Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar, Atalia Ridwan Kamil mengatakan, UP2K di tingkat rumah tangga adalah langkah awal yang penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

“Kami berharap bisa memberikan pembekalan kepada seluruh masyarakat dari rumah yang bernama UP2K. Program yang sudah berjalan cukup lama ini memang perlu distimulasi lagi agar kembali menggeliat,” ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X