KILAS DAERAH

WJIS 2019, Investor Sepakat Kucurkan Rp 53,8 Triliun untuk Jawa Barat

Kompas.com - 19/10/2019, 15:30 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama para tamu undangan saat berfoto dalam acara West Java Investment Summit (WJIS) di Bandung, Jumat (18/10/2019). -Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama para tamu undangan saat berfoto dalam acara West Java Investment Summit (WJIS) di Bandung, Jumat (18/10/2019).

KOMPAS.com – West Java Investment Summit ( WJIS) 2019 yang berlangsung di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jumat (18/10/2019) menghasilkan 26 nota kesepahaman dengan total nilai investasi mencapai Rp 53,8 triliun.

"Saya melihatnya ada unsur nyata, kita tidak menjanjikan sesuatu, tapi lihat buktinya (di WJIS). MoU dengan nilai puluhan triliun rupiah itu luar biasa besarnya,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi, dalam pernyataan tertulis, Sabtu (19/10/2019).

Ia melanjutkan, komitmen tinggi antara Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) dan BI berdampak adanya kepercayaan dari negara lain tentang perekonomian, keamanan, dan kemudahan berbisnis.

Baca juga: Sekolah Maritim Standar Internasional Akan Hadir di Patimban

Menurut Rosmaya, tujuan WJIS 2019 sama dengan BI yakni meningkatkan ekonomi melalui investasi.

Keberhasilan menarik investor ke Jawa Barat merupakan salah satu upaya menaikkan ekspor agar lebih tinggi dari impor.

Apresiasi WJIS 2019

WJIS 2019 bertema Accelerating Infrastructure Development through Innovative Investment itu juga sukses menyerap tenaga kerja mencapai 30.000 orang.

Rosmaya pun memuji komitmen Pemdaprov Jabar karena terus mengenalkan potensi investasi ke berbagai negara secara progresif dan proaktif, sebelum gelaran WJIS 2019.

"Jadi ini sesuatu yang harus berlanjut. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi (WJIS 2019), banyak sekali tujuan yang bisa dicapai melalui acara ini," imbuh dia.

Baca juga: Kembangkan Perdesaan, Pemuda Jawa Barat Jadi Patriot Des

WJIS 2019 merupakan wadah bagi investor domestik dan asing, mitra sister province, kedutaan besar negara sahabat, asosiasi, hingga pengelola kawasan industri, untuk mengenal lebih dekat potensi investasi Jabar.

WJIS 2019 sendiri merupakan hasil kolaborasi Pemdaprov Jabar melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Jabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X