KILAS DAERAH

Sekolah Maritim Standar Internasional Akan Hadir di Patimban

Kompas.com - 19/10/2019, 13:26 WIB
CEO Bumi Laut Group Jay Singgih dan Chris Wren dari British Chamber of Commerce saat bertemu dalam kegiatan West Java Investment Summit 2019 di Bandung, Jumat (18/10/2019). -CEO Bumi Laut Group Jay Singgih dan Chris Wren dari British Chamber of Commerce saat bertemu dalam kegiatan West Java Investment Summit 2019 di Bandung, Jumat (18/10/2019).

KOMPAS.com – Bumi Laut Group dan Glasgow City College berencana mengembangkan sekolah maritim berstandar internasional di Patimban, Subang, Jawa Barat.

CEO Bumi Laut Group Jay A Singgih menyatakan, salah satu fokus utama adalah pembuatan kurikulum dan silabus yang komprehensif.

“Kami tidak mau membuat silabus yang standar minimum. Yang standar minimum sudah bagus, itu sudah boleh berlayar. Tapi, kami ingin lebih dari itu karena unsur keselamatan harus jadi perhatian juga,” kata Jay di Trans Luxury, Bandung, Jumat (18/10/19).

Selain itu dalam keterangan tertulis, pengembangan infrastruktur menjadi atensi utama.

Latih SDM

Jay melanjutkan, sumber daya manusia memang harus dilatih. Pasalnya, 90 persen risiko kecelakaan di laut disebabkan human error.

Ia juga menjelaskan sejumlah langkah membuat kurikulum dan silabus yang komprehensif.

Langkah awal adalah melakukan studi di Inggris. Negara Ratu Elizabeth itu dipilih karena menjadi pusat organisasi bidang maritim di bawah PBB, yaitu International Maritime Organization (IMO).

Baca juga: Kembangkan Perdesaan, Pemuda Jawa Barat Jadi Patriot Desa

Jay menjelaskan, IMO melahirkan segala legislasi dan regulasi terkait kemaritiman.

Bumi Laut Group pun akan mendatangkan ahli kemaritiman dari Glasgow, Skotlandia, guna memberikan materi kepada dosen dan pengajar sekolah maritim di Indonesia.

Alasannya, ia melanjutkan, banyak kasus dosen yang sulit mendapat izin belajar ke luar negeri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X