KILAS DAERAH

Kembangkan Perdesaan, Pemuda Jawa Barat Jadi Patriot Desa

Kompas.com - 16/10/2019, 20:58 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi saat membuka pelatihan Patriot Desa di Lapang Panaruban Kabupaten Subang, Selasa (15/10/2019). -Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi saat membuka pelatihan Patriot Desa di Lapang Panaruban Kabupaten Subang, Selasa (15/10/2019).

KOMPAS.com – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat ( Jabar) memiliki program bernama Patriot Desa Jawa Barat yang merupakan bagian dari program One Village One Company (OVOC).

Program itu untuk merintis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis potensi desa.

Patriot Desa Jawa Barat bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya, pengembangan partisipasi, dan keswadayaan masyarakat.

Sebanyak 110 pemuda Jawa Barat pun menjalani pelatihan program Patriot Desa yang bertempat di Lapangan Panaruban, Subang, Selasa (15/10/2019).


Baca juga: “Si Perut Laper” Milik Jabar Raih Apresiasi dari Pemerintah Pusat

Para peserta program nantinya menjadi fasilitator lapangan di desa-desa yang belum memiliki BUMDes aktif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan pelatihan berlangsung sejak 15 Oktober hingga 28 November 2019.

Para patriot desa terbaik di antara yang baik

Dedi melanjutkan, para peserta merupakan yang terbaik di antara yang baik. Mereka sudah memasuki tahapan seleksi yang sangat panjang.

“Saat ini indeks perdesaan Jabar masih di bawah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mari kita bersama-sama membangun desa yang ada di Jawa Barat dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa," kata Dedi dalam pernyataan tertulis, Rabu (16/10/2019).

Kehadiran para patriot desa itu memang tidak lepas dari kondisi perdesaan Jawa Barat. Saat ini, hanya 37 dari 5.213 desa yang tergolong mandiri.

Baca juga: Gaet Investor Asing, Jawa Barat Tawarkan Sejumlah Proyek Strategis

Sebelumnya, ada sebanyak 1.010 pemuda yang telah mendaftar seleksi untuk mengikuti program Patriot Desa.

Adapun materi pelatihan selama 45 hari itu di antaranya kompetensi keuangan, keikhlasan, kerakyatan, dan keteknisan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X