Pilkada Samarinda, Ketua DPD Gerindra Kaltim Ikut Penjaringan PDI-P

Kompas.com - 13/10/2019, 18:44 WIB
Para bakal calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda hasil penjaringan PDI-P Samarinda di Ballroom Hotel Mesra, Samarinda, Sabtu (12/10/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONPara bakal calon wali kota dan wakil wali kota Samarinda hasil penjaringan PDI-P Samarinda di Ballroom Hotel Mesra, Samarinda, Sabtu (12/10/2019).

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ketua DPD Gerindra Kalimantan Timur (Kaltim) Andi Harun mengikuti penjaringan wali kota Samarinda yang dibuka DPC PDI-P Samarinda.

Andi mengatakan, apa yang dilakukan sebagai bentuk keinginan Gerindra untuk berkoalisi dengan PDI-P pada Pilkada Samarinda 2020. 

Andi optimis menang jika koalisi dengan PDI-P terwujud.

"Bahwa besar harapan kami untuk bersatu di tingkat nasional. Kami harap kawin politik yang sama terjadi di Kota Samarinda," kata Andi Harun usai menghadiri acara silaturahmi bacalon hasil penjaringan DPC PDI-P Samarinda, di Ballroom Hotel Mesra, Samarinda, Sabtu (12/10/2019).

Baca juga: Kepada 12 Bacalon Wali Kota Samarinda, PDI-P Ingatkan Elektabilitas dan Isi Tas Tentukan Kemenangan

Andi menyampaikan, banyak analisis politik menyebut jika PDI-P dan Gerindra berkoalisi maka bisa memenangkan pilkada.

Andi mengapresiasi PDI-P yang menang pada Pileg April 2019 lalu di Samarinda dengan perolehan suara terbanyak.

Dari jumlah 45 kursi yang tersedia di DPRD Samarinda, PDI-P dan Gerindra sama-sama memperoleh delapan kursi.

Namun, PDI-P memperoleh jumlah suara terbanyak sehingga memegang kursi ketua DPRD Samarinda. Sedang Gerindra menduduki kursi wakil ketua I.

Andi mengatakan, menjaga stabilitas politik butuh dukungan partai politik yang memiliki kekuatan besar. Karena itu, PDI-P dan Gerindra harus bersatu.

Selain dengan PDI-P, Gerindra juga membangun koalisi dengan partai lain.

Soal wakil, Andi Harun membuka diri bagi semua pihak yang berpeluang. Asal memenuhi dua syarat, sejalan dengan visi misi dan tingkat elektabilitas.

"Tapi soal itu belum. Ini situasi politik masih cair," jelas Andi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X