Kisah Kantin Legendaris Kansas Unhas, Warung Makan Calon Jaksa hingga Pengacara

Kompas.com - 10/09/2019, 11:00 WIB
Kantin Sastra atau yang lebih dikenal dengan Kansas menjadi ikon tempat nongkrong bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. KOMPAS.com/HIMAWAN Kantin Sastra atau yang lebih dikenal dengan Kansas menjadi ikon tempat nongkrong bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kantin Sastra atau yang lebih dikenal dengan Kansas menjadi ikon tempat nongkrong bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Kantin ini memang terletak di dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas. Namun, mayoritas yang mendatangi kantin berasal dari berbagai fakultas di Unhas.

Mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Ekonomi lebih sering menghabiskan waktunya pada jam makan siang di tempat ini.

Bangunan Kansas yang baru saja direnovasi itu diresmikan tahun 2006. Namun jauh sebelum diresmikan, empat pedagang sudah berjualan di tempat ini.

Salah satunya Wiwin, penjual minuman ringan memulai berdagang di tahun 1994. Kala itu tempatnya berjualan dinamakan Kedai Lobe-Lobe.

Baca juga: Cerita Tanggal Tua di Kantin Jatinangor, Sembunyikan Lauk hingga Lupa Bayar

Saat ditemui Kompas.com , Kamis (22/8/2019) lalu, lelaki paruh baya yang masih terlihat segar itu mengatakan, telah memulai usahanya saat ia nongkrong dengan mahasiswa Fakultas Hukum Unhas.

Saat itu, tercetus dalam benaknya untuk menjual minuman dingin berupa es kopi kepada mahasiswa yang hobi nongkrong di jaman orba.

Nama Lobe-Lobe sendiri muncul di kepalanya setelah melihat mahasiswa hukum yang nongkrong di bawah pohon Rukam.

Kala itu, Wiwin yang berjualann di bawah pohon Rukam (dikenal di Sulsel dengan nama Lobe-lobe) langsung memilih nama itu.

Nama ini pun menjadi terkenal dari mulut ke mulut dan menjadi persinggahan tetap mahasiswa.

"Dulu saya empat orang di sini, tapi tempat ini pernah diistirahatkan 2006 baru aktif lagi. Yang tiga pedagang yang saya temani sekarang pindah tempat," kata Wiwin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X