Bakar Polisi Saat Unjuk Rasa, Itu Tragedi Demokrasi

Kompas.com - 02/09/2019, 09:20 WIB
Keluarga dan kerabat berdoa di atas kuburan Ipda Erwin Yudha Wildani (45) di Taman Makam Pahlawan Cikaret, Cianjur, Jawa Barat, Senin (26/08/2019) KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANKeluarga dan kerabat berdoa di atas kuburan Ipda Erwin Yudha Wildani (45) di Taman Makam Pahlawan Cikaret, Cianjur, Jawa Barat, Senin (26/08/2019)

INI unjuk rasa yang tidak biasa. Bensin disiapkan . Awalnya ban yang dibakar. Polisi memadamkan. Ada yang menyiram bahan bakar ke arah polisi. Tiga polisi terbakar dalam keadaan hidup: 1 gugur, 2 lainnya dirawat intensif.

Unjuk rasa tidak biasa ini terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Para polisi itu tengah bertugas mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa.

Baca juga: Tiga Anggota Polisi Terbakar Saat Mengamankan Demo Mahasiswa di Cianjur

Satu polisi yang gugur bernama Erwin Yudha Wildani. Pangkatnya Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu), yang kemudian dinaikan satu tingkat menjadi Inspektur Dua (Ipda).

Dua polisi lainnya yang masih dirawat hingga saat ini adalah Bripda Yudi Muslim dan Bripda Francis Simbolon. Keduanya juga dinaikan pangkat menjadi Brigadir Polisi Satu (Briptu).

Membawa pertalite

Sesungguhnya tak terlalu banyak mahasiswa yang ikut berdemo menuntut perbaikan kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jumlah mahasiswa yang ikut dalam unjuk rasa itu sekitar 50 orang, gabungan dari sejumlah organisasi: GMNI, HMI, PMKRI, GMKI, KAMMI, PMII. Mereka tergabung dalam organisasi kepemudaan Cipayung plus wilayah Cianjur.

Membakar ban adalah aksi yang sudah direncanakan sebelum unjuk rasa berlangsung. Mereka membawa pertalite.

Apakah termasuk juga merencanakan melukai polisi yang menjaga?

Sejauh ini masih dalam penyelidikan.

Pasal pembunuhan berencana

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang saya wawancara di program AIMAN yang tayang pada Senin (2/9/2019) pukul 20.00 wib di KompasTV, mengungkapkan, semua proses hukum akan berjalan sesuai dengan kejadian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X