Waspada Siklon Tropis Podul, Hujan Lebat, Angin Kencang, Petir, dan Gelombang Tinggi

Kompas.com - 31/08/2019, 07:50 WIB
Ilustrasi cuaca. bmkg.go.idIlustrasi cuaca.

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau ( Kepri), memperingatkan warga Kepri untuk berhati-hati selama tiga hari ke depan.

Pasalnya, cuaca di wilayah Kepri sedang tidak bersahabat.

Selain berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat, diperkirakan ada petir dan angin kencang.

Prakirawaan BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam Fitri Annisa mengatakan peringatan dini cuaca wilayah Kepri dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap adanya penumpukan massa udara di wilayah Kepri akibat terdapatnya daerah pumpunan angin (konvergensi). Sehingga, cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan.

Baca juga: BMKG: Siklon Tropis di Timur Filipina Picu Hujan Lebat di Indonesia

Hal ini juga disebabkan adanya siklon tropis podul yang juga berdampak kepada Kepri sehingga menyebabkan berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Secara umum kondisi cuaca tiga hari ke depan diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Untuk itu kami minta agar masyarakat Kepri untuk selalu waspada dan berhati-hati," kata Fitri melalui telepon, Sabtu (31/8/2019).

Fitri mengatakan, selain hujan lebat disertai angin kencang dan petir, gelombang tinggi juga manghantui perairan Kepri.

Bahkan, untuk tinggi gelombang, berdasarkan pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) secara keseluruhan terbilang ekstrem.

Baca juga: Awas! Siklon Tropis Lili Picu Gelombang Tinggi di Perairan Laut Timor

Seperti perairan Natuna dan Anambas mencapai 2,5 meter, bahkan berpotensi lebih dari itu di Laut China Selatan.

Tidak saja di Natuna dan Anambas, di Laut Kabupaten Lingga dan Kabputen Bintan, tinggi gelombang sewaktu-waktu juga bisa saja terjadi hingga 1,5 meteran.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X