Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Alun-Alun Surabaya Berdampak pada Jaringan Pipa PDAM, Warga Diminta Tampung Cadangan Air

Kompas.com - 28/08/2019, 05:36 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Proyek pengerjaan basement Alun-Alun Surabaya akan dimulai dengan memindahkan jaringan utilitas di bawah Jalan Yus Sudarso.

Manajer Senior Pemeliharaan Operasi PDAM Surya Sembada Nanang Widyatmoko mengatakan, pemindahan jaringan utilitas itu akan berdampak terhadap jaringan pipa PDAM, sehingga akan menggangu distribusi air ke rumah-rumah warga.

Pemindahan jaringan pipa PDAM itu, menurut Nanang, akan dilakukan pada 6 September 2019 dan membutuhkan estimasi waktu sekitar 24 jam.

"Sebenarnya tanggal 31 Agustus 2019 itu kami sudah ready. Tapi, karena ada beberapa utilitas seperti PGN, jadi kami perlu waktu," kata Nanang, Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Bangun Alun-Alun Surabaya, Jalan Yos Sudarso Ditutup 6 Bulan Mulai 31 Agustus

"Mereka (PGN) akan kerja dulu saat jalan Yos Sudarso ditutup (31 Agustus 2019), setelah itu baru PDAM. Waktu yang aman untuk PDAM Jumat (6/9/2019) jam 9 malam ketika aktivitas sudah menurun," ujar dia.

Menurut dia, proses pemindahan atau pemotongan jaringan pipa PDAM itu paling lama memang membutuhkan waktu sekitar 24 jam.

Pihaknya akan mengupayakan pemindahan utilitas jaringan pipa itu berlangsung lebih cepat, maksimal satu hari dan 12 jam untuk normalisasi.

"Karena sifatnya ini pipa baru sudah siap, jadi tinggal potong pipa lama terus tempatkan pipa baru ini sejajar dengan pipa lama dan terus disambung. Jadi, harapannya kurang dari 24 jam," terang Nanang.

Ia mengatakan, selama proses pemindahan pipa PDAM itu, kawasan yang akan terkena dampak adalah di Surabaya Utara, meliputi kawasan Jalan Darmo, Nias, Yos Sudarso, Wali Kota Mustajab, Undaan, Ambengan, Wonokusumo, dan kawasan PT PAL.

Sementara itu, jumlah pelanggan yang terdampak sekitar 1/12 dari warga kota Surabaya dihitung dari 1.200 liter per detik.

Sebelum dilakukan pemindahan atau pemotongan jaringan pipa PDAM, pihaknya mengimbau agar masyarakat melakukan antisipasi dengan menampung cadangan air.

Sehingga, ketika pasokan air diputus, masyarakat masih memiliki cadangan air yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Desain Alun-Alun Surabaya terletak di permukaan tanah dan di bawah Jalan Pemuda Nomor 17, di bawah Jalan Yos Sudarso, serta basement Balai Pemuda.Dok. Pemkot Surabaya Desain Alun-Alun Surabaya terletak di permukaan tanah dan di bawah Jalan Pemuda Nomor 17, di bawah Jalan Yos Sudarso, serta basement Balai Pemuda.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan tetap membantu menyuplai air kepada masyarakat yang membutuhkan pasokan selama proses pemindahan jaringan pipa PDAM di Jalan Yos Sudarso dikerjakan.

Baca juga: Proyek Basemen Alun-alun Surabaya Dikerjakan Bulan Ini, Jalan Yos Sudarso Ditutup Total

"Jika masyarakat memerlukan air, bisa menghubungi kami, kami akan kirimkan air menggunakan truk tangki. Kontak call center PDAM," kata Nanang.

Seperti diketahui, penutupan Jalan Yos Sudarso akan dimulai pada 31 Agustus 2019 atau 1 September 2019 pukul 00.00 WIB.

Penutupan jalan yang berada di tengah Kota Surabaya akan berlangsung selama 6 bulan ke depan lantaran Pemkot Surabaya akan mengerjakan proyek basement Alun-Alun Surabaya.

Dishub bersama Polrestabes Surabaya telah membuat rekayasa lalu lintas dan menyiapkan beberapa ruas jalan alternatif sebagai solusi selama dilakukan penutupan Jalan Yos Sudarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com