Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes PIT Selesai, Basemen Alun-alun Surabaya Akan Segera Dibangun

Kompas.com - 03/07/2019, 21:23 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelaksanaan tes pile integrity test (PIT) di Jalan Yos Sudarso yang dimulai pada Senin (1/7/2019) telah rampung dikerjakan pada Selasa (2/7/2019) pukul 17.00 WIB.

Setelah tes PIT selesai, Pemerintah Kota Surabaya akan langsung membangun basemen Alun-alun Surabaya bulan ini.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian mengatakan, tes PIT dengan cara penggalian tanah sedalam 2,5 meter tersebut, ditemukan utilitas di bagian sisi timur Jalan Yos Sudarso.

Sementara itu, pada pengerjaan sisi barat Jalan Yos Sudarso, tidak ditemukan infrastruktur apa pun. Sehingga pada hari yang sama, proses penggalian dan pengurukan langsung dilakukan.

"Sesuai prediksi kami, terdapat infrastruktur. Pipa PDAM diameternya 90 centimeter dan PGN 20 centimeter," kata Iman, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Ini Progres Pembangunan Alun-alun Surabaya yang Terus Ditanyakan Risma

Iman menjelaskan, pengerjaan pembangunan basemen bisa lebih cepat dibandingkan prediksi awal. 

Pasalnya, saat menggali tanah sisi timur Jalan Yos Sudarso, ia tidak menemukan infrastruktur PDAM dan PGN di bagian tengah.

Saat dilakukan penggalian, infrastruktur atau pipa PDAM dan PGN berada di pinggir jalan atau pedestrian.

"Jadi tidak seperti yang kita duga. Awalnya PDAM itu kita duga pipanya ada di tengah. Setelah kita lakukan penggalian, ternyata PDAM-nya ada di pinggir. Jadi mungkin pelaksanaan pembangunan basemen-nya lebih cepat," ujar dia.

Saat pembangunan basemen berlangsung, Jalan Yos Sudarso akan ditutup total dan pengendara akan dialihkan ke Jalan Simpang Dukuh sebagai jalan alternatif.

Baca juga: Meski Sakit, Risma Sempat Tanyakan Progres Alun-alun Surabaya

Jalan Simpang Dukuh, kata Iman, sedang dibangun pelebaran jalan dan akan rampung pada satu atau dua pekan ke depan. Pembangunan basemen akan dimulai setelah pelebaran Jalan Simpang Dukuh selesai dikerjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com