Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Basemen Alun-alun Surabaya Dikerjakan Bulan Ini, Jalan Yos Sudarso Ditutup Total

Kompas.com - 03/07/2019, 22:16 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Kota Surabaya, Chalid Buhari mengatakan, pembangunan basemen Alun-alun Surabaya akan dimulai bulan Juli ini.

Chalid menyampaikan, pengerjaan basemen Alun-alun Surabaya itu ditargetkan selesai Desember 2019.

"Selama pengerjaan basemen ini, kami akan tutup total Jalan Yos Sudarso dan kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Surabaya serta pihak kepolisian untuk menyiapkan rekayasa arus lalu lintasnya," kata Chalid, Rabu (3/7/2019).

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DKPCTR Kota Surabaya Iman Krestian mengungkapkan, saat pembangunan basemen tersebut berlangsung, Jalan Yos Sudarso akan ditutup total.Baca juga: Ada Penambahan Pagu Siswa SMP Negeri, Guru Sekolah Swasta Demo Disdik Surabaya

"Jadi pembangunan basemen baru akan dilakukan setelah pelebaran Jalan Simpang Dukuh selesai dikerjakan," ujar dia.

Saat ini, Jalan Simpang Dukuh sedang dalam proses pelebaran. Ia memprediksi pelebaran Jalan Simpang Dukuh tersebut akan selesai pada satu atau dua pekan ke depan.

Nantinya, Jalan Simpang Dukuh itu akan digunakan sebagai jalan alternatif saat Jalan Yos Sudarso ditutup total.

"Kami menunggu Simpang Dukuh selesai dilebarkan, karena nantinya Simpang Dukuh ini menjadi solusi alternatif saat Jalan Yos Sudarso ditutup," tutur dia.

Ia memastikan, pengusaha dan masyarakat di sekitar Jalan Yos Sudarso tidak akan keberatan ketika jalan tersebut ditutup total hingga Desember nanti.

Sebelumnya, ia mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendapat respon positif. Masyarakat hanya meminta segera dilakukan rekayasa lalu lintas dan petunjuk arah.

"Penutupan jalan ini memang agak mengganggu aktivitas mereka (masyarakat). Tapi mereka memikirkan efek panjangnya, bahwa akan ada ruang publik yang bisa mendatangkan wisatawan dan berimbas bagus pada usaha mereka," ujar dia.

Baca juga: Tes PIT Selesai, Basemen Alun-alun Surabaya Akan Segera Dibangun

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat menambahkan, setelah pengerjaan pelebaran Jalan Simpang Dukuh selesai, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya dan jajaran terkait untuk sosialisasi penutupan total Jalan Yos Sudarso.

“Nanti arus dari Jalan Tunjungan dialihkan ke Jalan Simpang Dukuh, arahnya berlawanan. Kalau yang dari arah (Jalan) Pemuda Kusuma Bangsa atau (Jalan) Sumatera, dialihkan ke Jalan Plaza Boulevard," kata Irvan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com