KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Bumikan Diplomasi Indonesia, Kemlu dan Pemkot Semarang Gelar Diplofest

Kompas.com - 26/08/2019, 19:29 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RepubIik Indonesia (RI) akan mengadakan Diplomacy Festival (Diplofest) di Kota Semarang

Direktur Informasi dan Media Kemenlu Listiana Operananta menjelaskan tujuan penyelanggaraan Diplofes adadalh untuk membumikan diplomasi

"Kami ini diplomasi lebih dekat dengan masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar di Kota Semarang," kata Listiana Operananta seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Hal senada diutarakan Kapala Bagian Humas dan Protokol Kota Semarang, Wing Wiyarso.

Menurut dia Diplofest diharapkan dapat mendorong masyarakat, khususnya generasi muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami serta menjadi bagian dari diplomasi Indonesia.

“Ini kesempatan yang langka di mana selama ini kita mungkin tidak tahu apa dan bagaimana diplomasi luar negeri dijalankan. Maka event Diplofest ini supaya kita manfaatkan sebaik mungkin, karena yang namanya diplomasi Indonesia adalah milik bersama,” ujar Wing.

Menurut rencana, event tersebut akan digelar pada tanggal 29-30 Agustus 2019. Sebelumnya, Kota Semarang, Diplofest telah sukses diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Padang dan Makassar.

Dua kegiatan

Di Kota Semarang, DiploFest digelar dengan menghadirkan dua kegiatan, yaitu Public Lecture dan Festival Diplomasi.

Dalam Public Lecture, para pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi bersama pelaku garis depan diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi.

Menurut rencana Public Lecture akan diselenggarakan, Kamis (29/8/2019) di enam universitas, yakni Universitas Wahid Hasyim, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata, dan Universitas Kristen Satya Wacana.

Sementara itu, talk show dengan Menlu RI akan diselenggarakan di Auditorium Prof. Soedarto, Universitas Diponegoro, Tembalang pada Jumat (30/8/2019) pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Tidak hanya itu saja, pada hari tersebut akan ada pula Festival Diplomasi di Simpang Lima, Semarang. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB akan mengajak para pengunjung untuk menyelami diplomasi Indonesia secara langsung.

Di sana pengunung bisa dapat terjun merasakan mewakili Indonesia untuk perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan negara lain dalam sidang bilateral, berbicara di depan publik, simulasi TOEFL/IELTS dan masih banyak lagi.

Festival Diplomasi menghadirkan pula area Edu Fairs. Di sini para pelajar dapat mengunjungi berbagai booth yang menawarkan program beasiswa, bagaimana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di organisasi internasional.

Nah, bagi masyarakat yang berminat mengikuti event Diplofest, dapat segara mendaftar melalui Instagram dan Twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI maupun YouTube Kemlu TV.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com