Proyek Jalan Tol Pertama Kalbar Jalur Pontianak-Singkawang Segera Dibangun

Kompas.com - 08/08/2019, 19:09 WIB
Ilustrasi jalan tol Kementerian PUPRIlustrasi jalan tol

PONTIANAK, KOMPAS.com - Jalan tol pertama di Kalimantan Barat, yang akan menghubungkan Kota Pontianak dan Singkawang dipastikan segera dibangun sepanjang 145 kilometer.

Hal tersebut setelah adanya memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan perusahaan investor asing asal Malaysia, di Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (8/8/2019).

Gubernur Kalbar Sutarmidji menyebut, setelah digelarnya nota kesepahaman, setiap proses perizinan yang menjadi kewenangan Pemprov Kalbar tidak akan menjadi masalah. Selanjutnya, tinggal berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut dengan tahapan selanjutnya. Kita membantu semaksimal mungkin," kata Midji.


Menurut Midji, pembangunan jalan tol di Kalbar memang sudah seharusnya dilakukan, karena sejumlah kajian juga telah dilakukan sejak 2005.

Selain itu, jalan tol Pontianak-Singkawang memang menjadi salah satu perencanaan strategis nasional yang ada di Kalbar.

"Pembangunan tol ini juga pastinya akan meningkatkan geliat ekonomi masyarakat dan menghubungkan daerah pesisir Kalbar," ucap Midji.

Meski demikian, Midji enggan menerangkan berapa jumlah investasi yang masuk untuk pembangunan tol dan bagaimana mekanisme pembiayaannya.

"Panjangnya 145 kiilometer, kalau untuk masalah anggaran bukan sekarang tapi nanti," tuturnya.

Baca juga: Lokasi Ibu Kota Baru Mengerucut ke 3 Provinsi Ini

Harap dukungan masyarakat

Proyek ini akan melewati dua kabupaten dan dua kota, yakni Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X