Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi dan Santri di Jombang Gelar Shalat Gaib untuk KH Maimun Zubair

Kompas.com - 06/08/2019, 20:06 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Puluhan anggota Kepolisian Resor (Polres) Jombang Jawa Timur melaksanakan shalat gaib dan tahlil bersama di Masjid Mapolres Jombang, Selasa (6/8/2019).

Shalat gaib dan tahlil tersebut dilaksanakan untuk mendoakan kepergian kiai kharismatik, sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Maimoen Zubair.

Waka Polres Jombang Kompol Budi Setiono mengatakan, pihaknya menggelar shalat gaib sebagai bentuk penghormatan kepada Mbah Moen.

Menurut Budi Setiono, Kiai Maimun Zubair merupakan sosok ulama yang patut diteladani, terutama oleh anggota Kepolisian.

"Beliau sosok yang patut kita teladani. Kepergian beliau menyisakan duka mendalam bagi kami dan juga bangsa Indonesia," katanya.

Baca juga: Risma Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya KH Maimun Zubair

Ditambahkan, selain di Mapolres Jombang, shalat gaib dan doa bersama juga digelar oleh seluruh anggota Polres Jombang yang beragama Islam di 21 polsek.

Selain polisi, ratusan santri di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, juga menggelar shalat gaib dan doa bersama.

Kegiatan diikuti para santri yang sekolah MAN 3 Jombang atau MAN Tambakberas. Madrasah ini merupakan sekolah formal di lingkungan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Baca juga: Kapolda Jateng Pimpin Shalat Gaib atas Wafatnya KH Maimun Zubair

Shalat gaib dan doa bersama tersebut dipusatkan di Masjid MAN Tambakberas Jombang. Kegiatan para santri ini dilaksanakan sebelum memasuki waktu shalat zuhur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com