Dari Balik Penjara, Napi Bangga Bisa Jahit Bendera Merah Putih Raksasa

Kompas.com - 06/08/2019, 15:29 WIB
Salah satu narapidana di Lapas Wanita kelas IIA Kota Malang, Selasa (6/8/2019) ANDI HARTIKSalah satu narapidana di Lapas Wanita kelas IIA Kota Malang, Selasa (6/8/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Eka Diana (27) mengungkapkan kebanggaannya karena diberi kesempatan menjahit bendera Merah Putih dari balik penjara, Selasa (6/8/2019).

Bagi Eka Diana, menjahit bendera berarti ikut andil dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI).

"Pasti buat ikut ngerayain Hari Kemerdekaan Indonesia. Mudah-mudahan Indonesia semakin baik dan semakin maju," jelasnya.

Baca juga: Anak SD di Banyuwangi Jahit Bendera Raksasa Sepanjang 25 Meter

Eka Diana merupakan narapidana narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita kelas IIA, Sukun, Kota Malang.

Eka yang merupakan warga asal Bandung ditangkap di Surabaya karena kasus peredaran sabu. Eka divonis 12 tahun penjara.

Kepala Lapas Wanita Kelas IIA Sukun, Kota Malang Ika Yusanti mengatakan, terdapat 20 orang narapidana yang menjahit bendera itu. Mereka merupakan narapidana narkoba dan kriminal umum.

Mereka menjahit bendera berbentuk memanjang dan akan dimanfaatkan dalam perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Lapas tersebut.

"Dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI, kami mengajak untuk membangkitkan rasa kebangsaannya dengan menjahit bendera," kata Ika.

Baca juga: Cegah Penyimpangan Seks Napi, Wanita Berduaan Ditegur dan Pria Melambai Dipindahkan

Bendera yang dijahit oleh narapidana sepanjang 120 meter. Bendera itu akan dipajang di halaman depan lapas dan di lapangan saat upacara bendera berlangsung pada 17 Agustus nanti.

"Rencana bendera ini yang mereka jahit akan kami pajang di depan Lapas dan di lapangan upacara," jelasnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X