Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Bendera Merah Putih Berkibar di Terminal Tirtonadi Solo

Kompas.com - 05/08/2019, 09:41 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemandangan tidak biasanya terlihat di Terminal Penumpang Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (5/8/2019). Ribuan bendera merah putih terpasang di sekeliling terminal.

Pengibaran 1.000 bendera merah putih tersebut untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Koordinator Terminal Penumpang Tipe A Solo, Joko Sutriyanto menjelaskan ada 1.000 bendera merah putih yang dipasang di sekeliling terminal.

Selain melibatkan karyawan/karyawati terminal, pemasangan bendera juga melibatkan berbagai komunitas yang selama ini mencari penghidupan di terminal.

Para komunitas itu di antaranya ada pengasong, taksi, becak, ojek pangkalan dan lain-lain.

"Pemasangan bendera selain memeriahkan peringatan HUT ke-74 RI juga untuk menggelorakan kembali semangat nasionalisme. Makanya kami mengajak semua komponen yang ada terlibat dalam pemasangan bendera," kata Joko di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Termuda UGM Berusia 15 Tahun, Ingin Sekolah Reguler hingga Masuk SD Usia 5 Tahun

Menurut Joko semua bendera dikumpulkan dari para komunitas dan masyarakat. Adapun pemasangan bendera dimulai sejak Kamis (1/8/2019).

Sebagai puncak acara akan dilaksanakan upacara bendera melibatkan unsur masyarakat. Masyarakat yang ingin mengikuti upacara pakaiannya dibebaskan.

Sementara untuk karyawan/karyawati terminal diwajibkan memakai seragam lengkap.

Baca juga: Kisah Khalil, Teman Tuli yang Terpilih Jadi Ajudan Ridwan Kamil

Joko mengungkap upacara bendera HUT ke-74 RI akan diselenggarakan di lantai dua terminal pada 17 Agustus, sekaligus pembukaan pasar pakaian dan pangan murah.

"Kami juga mengadakan perlombaan untuk menyemarakkan peringatan 17 Agustus. Perlombaan kita selenggarakan selama 4 hari mulai 17 Agustus hingga 20 Agustus," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com