KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Wali Kota Semarang Raih Asia Best Mayor 2019

Kompas.com - 29/07/2019, 21:10 WIB
Kurniasih Budi

Editor

KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu capaian pembangunan Kota Semarang mendapat pengakuan dari European Society for Quality Research, kini giliran Asia Global Council (Dewan Global Asia) yang memberikan apresiasi.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, ditetapkan sebagai Asia Best Mayor Of The Year 2019 dalam Asia Global Award 2019.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Presiden Asia Global Council, Michael Tan, kepada Wali Kota Semarang, yang diwakili Kepala Bagian Humas Kota Semarang.

Tan menjelaskan, apresiasi itu diberikan atas dasar kegigihan, prestasi, dan sumbangsih Hendrar dalam pembangunan.

Baca juga: Semarang Raih Predikat Perencana Pembangunan Terbaik di Jawa Tengah

Menurut dia, pembangunan harus dilihat secara dinamis. Pembangunan, ia melanjutkan, pada dasarnya mencakup berbagai perubahan mendasar, struktur sosial, serta sikap-sikap masyarakat dan institusi-institusi sosial.

"Selain itu juga mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengentasan kemiskinan," ujar Tan dalam pernyataan tertulis, Senin (29/7/2019).

Perubahan Semarang

Hendrar di tempat berbeda berterima kasih atas apresiasi yang diberikan Dewan Global Asia tersebut.

Ia menegaskan, perubahan Kota Semarang saat ini merupakan hasil dukungan semua pihak.

"Perubahan positif yang terwujud hari ini adalah karena semua ikut mendorong. Maka tentu saja terima kasih atas apresiasinya, tapi ini adalah apresiasi untuk seluruh masyarakat Kota Semarang," kata dia.

Sebelum menetapkan Hendi sebagai Asia Best Mayor Of The Year 2019, Asia Global Council sendiri terlebih dahulu melakukan pendataan untuk menilai sejumlah aspek yang mencakup pendidikan, dampak kepemimpinan, pemasaran, dan inovasi di tingkat Asia.

Baca juga: Wali Kota Semarang Kawal Inovasi untuk Tingkatkan APBD

Hasil pendataan tersebut dikerucutkan dengan melakukan pengukuran gaya kepemimpinan, kecepatan merespon masalah, dan daya tarik.

Masyarakat setempat juga dilibatkan untuk memberikan gambaran kepuasan serta kemanfaatan dari kepemimpinan para nominator.

Selain itu, wawancara dilakukan terhadap masyarakat tanpa sepengetahuan nominator. Dengan begitu, panitia berharap memperoleh gambaran nyata respon masyarakat terhadap hasil pembangunan penerima penghargaan.

Asia Global Council mengumpulkan data sepanjang 2018 untuk bisa menentukan pemenang ajang Asia Global Award 2019.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com