Bertahun-tahun, Pelajar SD di Tasikmalaya Ini Belajar Sambil Lesehan

Kompas.com - 17/07/2019, 12:55 WIB
Belasan siswa kelas II SDN Cikadongdong, Kecamatan Singaparna, Kota Tasikmalaya, terpaksa belajar IRWAN NUGRAHA Belasan siswa kelas II SDN Cikadongdong, Kecamatan Singaparna, Kota Tasikmalaya, terpaksa belajar

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Belasan pelajar kelas II Sekolah Dasar ( SD) Negeri Cikadongdong, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara lesehan.

Mereka mendapatkan materi pelajaran tanpa dilengkapi fasilitas ruang kelas seperti kursi dan meja belajar seperti yang dinikmat siswa lain pada umumnya.

Para siswa di kelas itu pun tak memiliki ruang kelas khusus. Kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan di ruang perpustakaan hanya menggunakan meja kecil seperti di madrasah.

Selama ini, sekolah tersebut kekurangan bangunan ruang kelas. Padahal, bantuan dari pemerintah pusat dan daerah selalu gencar tiap tahunnya.


Baca juga: Cerita di Hari Pertama Sekolah, Emak-emak Rebutan Bangku hingga Terjungkal Masuk Got

Tinggal janji

Kepala SD Cikadongdong Eti Kursiasih mengatakan, sekolahnya sudah sejak 28 tahun lalu mengajukan proposal pembangunan ruang kelas baru ke Dinas Pendidikan dan ke pemerintah daerah. Namun, sampai sekarang belum ada realisasinya.

"Saya masih ingat janji manis Bupati Tasikmalaya, saat itu Pak Uu Ruzhanul Ulum, pernah meninjau langsung ke sini. Tapi sampai sekarang tidak dibangun juga," kata Eti Kursiasih, Rabu (17/7/2019).

Menurut Eti, sempat beberapa kali ada petugas pengukuran yang mengaku dari Dinas Pendidikan setempat. Namun, realitas pembangunan kelas baru di sekolahnya tersebut tak kunjung terwujud.

Adapun, ruang perpusatakaan yang dipakai siswa belajar secara lesehan berukuran sekitar 9x7 meter. Sebanyak 19 siswa kelas II terpaksa belajar tanpa alas apapun di lantai.

Kondisi ini sering dikeluhkan oleh siswa dan para orang tuanya. Para siswa sering kali mengajukan protes, mengapa ruang belajarnya berbeda dengan kelas dan sekolah lainnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X