Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Kunjungi Habitat Komodo Sebelum Pulang ke Jakarta

Kompas.com - 11/07/2019, 06:01 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marius Ardu Jelamu mengatakan, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berencana mengunjungi Pulau Rica, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, pada Kamis (11/7/2019).

"Rencananya, pada hari kedua kunjungan, presiden akan mengunjungi Pulau Rinca sebelum kembali ke Jakarta," katanya di Kupang, Rabu (10/7/2019).

Menurut Marius Jelamu, kunjungan Presiden Jokowi ke Pulau Rinca ini untuk memastikan sarana dan prasana yang akan dibangun di pulau itu.

"Kemungkinan juga Bapak Presiden mau ke Pulau Komodo, tetapi masih melihat perkembangan," katanya.

Baca juga: Kunjungi NTT, Jokowi Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo

Dari Pulau Rinca, kata dia, presiden akan melihat langsung pelabuhan di Labuan Bajo, karena pelabuhan ini direncanakan hanya akan dijadikan pelabuhan khusus wisata.

Sementara, lanjutnya. Pelabuhan penumpang dan barang akan dipindahkan lokasinya ke Bari.

Setelah mengunjungi Pelabuhan Labuan Bajo, presiden akan mengunjungi Batu Cermin dan setelah itu sekitar pukul 16.00 Wita, akan kembali ke Jakarta.

Baca juga: Jokowi: Tahun Depan, Bandara Labuan Bajo Rampung

Pulau Rinca dan Pulau Padar merupakan salah satu lokasi yang menjadi habitat komodoPulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca berada di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo.

Pulau ini juga merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karena merupakan kawasan TNK bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang. Titik tertinggi pulau ini berada di Doro (Gunung) Ora, 670 m dpl.

Di pulau ini hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung. Pulau Rinca dapat dicapai dengan perahu kecil dari Labuan Bajo di Flores Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com