Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tahun Depan, Bandara Labuan Bajo Rampung

Kompas.com - 10/07/2019, 20:55 WIB
Rachmawati

Editor

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan mempercepat pembangunan bandara di Labuan Bajo

Hal itu perlu dilakukan karena sesuai rencana, Labuan Bajo menjadi bagian dari 10 Bali baru sehingga pemerintah perlu melakukan penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Terminal akan kita besarkan, runway akan kita perpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semuanya,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan saat bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019) siang.

Baca juga: Kunjungi NTT, Jokowi Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo

Selanjutnya, Presiden Jokowi menjelaskan untuk pengelolalaan kawasan tersebut nantinya akan dilelangkan.

Pemerintah ingin yang mengelola bandara memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang datang adalah wisatawan mancanegara yang diharapkan bisa meningkatkan devisa.

“Segmentasi yang mau kita ambil di sini berbeda, dengan Manado beda, segmentasi di sini adalah segmentasi yang premium,” jelas Presiden.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menilai, penataan kawasan di Labuan Bajo menjadi bagian yang sangat penting untuk segera dikerjakan.

“Akan kita buat trotoar di sini (kawasan Puncak Waringin) tahun ini mulai nanti sampai ke ujung sana, sehingga turis dapat berjalan ke sini sambil menikmati pemandangan yang ada di depan sana,” ujarnya.

Baca juga: Petinju dari 31 Negara Ramaikan Turnamen Tinju Internasional Piala Presiden di Labuan Bajo

Selain itu, yang berkaitan dengan kekurangan suplai air kan dikerjakan oleh pemerintah. Sedangkan kawasan milik Pemda juga akan dirapikan sebagai pusat handicraft di Labuan Bajo.

“Ini total memang penataannya,” kata  Jokowi.

Sementara itu pelabuhan untuk kontainer, menurut Presiden, akan dipindahkan ke tempat lain, sehingga Pelabuhan Labuan Bajo bisa fokus hanya untuk penumpang phinisi, yacht, dan cruise.

Untuk fasilitas jalan juga akan diperlebar dan menurut Presiden Jokowi, Menteri PUPR sudah melihat semuanya dan mana yang bisa dilebarkan.

Saat berkunjung ke Labuan Bajo, Presiden Jokowi  didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com