Kondisi Terkini Proyek Masjid Agung dan Jembatan Ambayan yang Menjerat Bupati Solok Selatan

Kompas.com - 10/07/2019, 10:50 WIB
Plang proyek jembatan Ambayan yang saat ini sudah dihentikan pengerjaannya oleh kontraktor. Sebelumnya, KPK resmi menjadikan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sebagai salah satu tersangka kasus korupsi dana pembangunan Masjid Agung dan jembatan Ambayan. Dok. Humas Pemkab Solok Selatan Plang proyek jembatan Ambayan yang saat ini sudah dihentikan pengerjaannya oleh kontraktor. Sebelumnya, KPK resmi menjadikan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sebagai salah satu tersangka kasus korupsi dana pembangunan Masjid Agung dan jembatan Ambayan.

PADANG, KOMPAS.com - Pengerjaan proyek Masjid Agung dan Jembatan Ambayan Solok Selatan yang menjerat nama Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria dan rekannya M Yamin Kahar di KPK saat ini dalam kondisi mangkrak.

Kabar terbaru yang didapat Kompas.com, proyek renovasi jembatan Ambayan sudah diputus kontraknya.

Sementara pembangunan Masjid Agung masih dilaksanakan, namun tidak sesuai target sehingga Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan teguran ketiga kepada kontraktor.

Kondisi ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan, Yance Bastian yang dihubungi Kompas.com, Rabu (10/7/2019).


Baca juga: Fakta Kasus Bupati Solok Selatan, Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Agung dan Jembatan

"Kalau pembangunan jembatan sudah dihentikan. Kita sudah putus kontrak dengan rekanan. Sementara Masjid Agung masih lanjut, tapi tidak sesuai target," kata Yance. 

Dua proyek itu dikerjakan oleh dua rekanan yang masih dalam satu grup. Untuk Masjid Agung dikerjakan PT Zulaikha Jambi dan jembatan Ambayan oleh PT YAEK.

Dua proyek ini bernilai miliaran rupiah. Untuk Masjid Agung berpagu Rp 55 miliar dan jembatan Ambayan Rp 14,8 miliar.

"Dua proyek ini dikerjakan oleh dua rekanan namun masih satu grup dan perusahaannya ada di Jambi," kata Yance.

Baca juga: Sejumlah Bawahan Bupati Solok Selatan Diduga Terima Suap Terkait Proyek Masjid

Teguran ketiga untuk kontraktor Masjid Agung

Menurut Yance untuk pembangunan Masjid Agung dipastikan tidak sesuai target. Pihaknya sudah melayangkan teguran kedua dan saat ini sedang membuat teguran ketiga.

"Teguran ketiga akan kita layangkan. Kita akan kasih waktu, jika tidak selesai maka akan kita putus kontrak juga," kata Yance.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X