Pacitan KLB Hepatitis A, Penderitanya Hampir Mencapai 1.000 Orang

Kompas.com - 30/06/2019, 22:00 WIB
Salah satu perawat puskesmas Ngadirojo kabupaten Pacitan Jawa Timur, tengah melakukan pemeriksaan medis terhadap salah satu pasien Hepatitis A (30/06/2019). KOMPAS.com/SLAMET WIDODOSalah satu perawat puskesmas Ngadirojo kabupaten Pacitan Jawa Timur, tengah melakukan pemeriksaan medis terhadap salah satu pasien Hepatitis A (30/06/2019).

PACITAN,KOMPAS.com - Penderita Hepatitis A di kabupaten Pacitan Jawa Timur Minggu (30/06/2019) secara data angka mengalami peningkatan, hingga mencapai 957 orang. 

Namun secara harian, jumlah warga yang terpapar wabah hepatitis A di seluruh wilayah kabupaten Pacitan mengalami penurunan yang sangat drastis.

"Sejak sebelum ditetapkan kejadian luar biasa ( KLB), kami sudah melakukan upaya pencegahan,” ujar kepala dinas kesehatan kabupaten Pacitan Eko Budiono.

Hingga Minggu (30/06/2019) siang,  tercatat, sebanyak 957 orang warga Pacitan yang terpapar Hepatitis A. Data sebelumnya, tercatat sebanyak 824 orang warga Pacitan yang terpapar Hepatitis A. 

Baca juga: Ini Kronologi Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan

Akan tetapi, dari data yang diterima meski  meningkat, namun secara harian, warga yang tertular Hepatitis mengalami penurunan.

Begitu juga pasien yang menjalani rawat inap di puskesmas yang tersebar di wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur, mengalami penurunan.

“Meski jumlah angka meningkat, namun secara harian menurun tajam,” terang kepala dinas kesehatan kabupaten Pacitan Eko Budiono.

Salah satunya adalah puskesmas kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan Jawa Timur. Di puskesmas ini, kini merawat pasien yang terpapar hepatitis A sebanyak 28 pasien.

Baca juga: Waspada, Infeksi Hepatitis A Bermula dari Jabat Tangan

Sebelumnya, puskesmas ini menerima dan merawat sebanyak 164 pasien Hepatitis A, selama bulan Juni tahun 2019.

“Kini puskesmas Ngadirojo ada 28 pasien Hepatitis A yang menjalani rawat inap. Dan total yang pernah di rawat selama bulan Juni terakhir sebanyak 164,” terang dokter puskesmas Ngadirojo Natsir Nugroho.

Hari-hari sebelumnya, dalam setiap hari puskesmas Ngadirojo merawat sedikitnya sebanyak 60 hingga 80 pasien hepatitis A, dan membludak hingga lorong puskesmas.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X