Cara Warga di Bukit Bertahan di Tengah Kesulitan Air Bersih...

Kompas.com - 28/06/2019, 16:28 WIB
Kekeringan melanda Dusun Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Beberapa instansi mulai menyalurkan air bersih bagi warga yang membutuhkan.KOMPAS.com/DANI J Kekeringan melanda Dusun Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Beberapa instansi mulai menyalurkan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Air bersih tidak lagi mengalir ke rumah milik Supartini, 38 tahun, di RW 14 Dusun Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Padahal, bagi Supartini, air begitu penting untuk kebutuhan keluarga seperti memasak, mencuci, maupun mandi, terutama anaknya yang masih kelas 4 SD.

Supartini biasanya memperoleh air dari bak kecil penampung yang berdiri di samping warung non tunai Ngaglik. Air sendiri sebenarnya berasal dari mata air yang berada di belakang balai desa Purwosari, 5 kilometer jauhnya dari lokasi mereka.


Baca juga: Indramayu Terancam Kekeringan Ekstrem, 60 Hari Tak Turun Hujan

Warga RW 14 sebanyak 35 kepala keluarga atau 110 jiwa mengandalkan air dari bak itu. Masing-masing keluarga menarik ratusan meter selang dari bak itu hingga rumah.

Supartini bahkan membentangkan lebih dari 500 meter selang setengah inci dari bak tampung itu ke rumahnya.

Dengan demikian, ia biasanya bisa mengisi penuh bak rumah dari pukul 22.00 WIB sampai 07.00 WIB.

Situasi berubah seiring kemarau datang. Bak tampung tidak pernah penuh. Air pun jadi cepat sekali habis karena diperebutkan banyak rumah setiap hari.

Supartini pun sering tidak kebagian air itu setiap hari.

"Sekarang air sudah sangat kurang," kata Supartini, pencari pakan kambing asal Nganglik, Jumat (28/6/2019).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X