Ada Jalur Mitra Warga pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Surabaya, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 12/06/2019, 06:57 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya IkhsanKOMPAS.com/GHINAN SALMAN Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Surabaya telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahun pelajaran 2019/2020.

Jalur  yang pertama kali dibuka adalah perpindahan tugas orang tua (mutasi) mulai Senin (10/6/2019) sampai Rabu (12/6/2019), serta jalur mitra warga dan inklusi.

Sementara jalur prestasi dibuka pada 12-13 Juni 2019, jalur zonasi kawasan dibuka 13-15 Juni 2019, dan terakhir jalur zonasi umum yang dibuka 18-20 Juni 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan mengatakan untuk jalur mitra warga, pihaknya sudah berkomitmen dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta. Siswa yang masuk mitra warga ini bisa bersekolah di SMP negeri dan swasta sesuai kedekatan tempat tinggal.


Baca juga: Puncak Arus Balik di Pelabuhan Makassar Didominasi Penumpang dari Surabaya

Ia menjamin siswa tersebut dipastikan mendapat fasilitas pendidikan yang sama.

"Mulai dari seragam gratis, serta biaya pendidikan gratis sampai lulus sekolah," kata Ikhsan, Selasa (11/6/2019).

Ia menyampaikan, data awal siswa mitra warga, berdasarkan Peraturan Wali Kota Surabaya tentang Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

MBR merupakan masyarakat yang mendapat intervensi bantuan Pemkot Surabaya melalui organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, DP5A, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah, dan lain sebagainya.

"Jumlahnya sekitar 14 ribuan, ini sedang proses masuk SMP negeri dan swasta," ujar dia.

Dari data mitra warga tersebut, sekolah kemudian melakukan verifikasi dan pendataan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X